KAI dukung kereta cepat Whoosh maksimalkan layanan angkutan Lebaran

id pt kai,dukung,kereta cepat,whoosh,maksimalkan,layanan,angkutan lebaran,ramadhan

KAI dukung kereta cepat Whoosh maksimalkan layanan angkutan Lebaran

Ilustrasi - Rangkaian kereta cepat "Whoosh". ANTARA/HO-KCIC/am.

Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) mendukung PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) untuk memaksimalkan kereta cepat Whoosh dalam melayani angkutan Lebaran 2024.

"Kami mendukung teman-teman di KCIC Whoosh untuk memaksimalkan angkutan Lebaran ini, sehingga kereta cepat dapat maksimal dalam melayani masyarakat untuk bepergian dari Jakarta ke Bandung maupun sebaliknya," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus di Jakarta, Selasa.

Joni mengatakan bahwa pihaknya mendukung operasional kereta cepat Whoosh di KAI. Selain itu antara Whoosh dengan kereta api jarak jauh khususnya untuk koridor Bandung-Jakarta sebenarnya saling melengkapi.

Menurut dia, masyarakat yang membutuhkan waktu perjalanan yang cepat untuk sampai ke tujuan akan cenderung untuk memilih moda transportasi kereta cepat.

Sedangkan bagi masyarakat yang tidak begitu membutuhkan waktu perjalanan yang cepat, maka dapat memilih kereta jarak jauh koridor Jakarta-Bandung dengan panorama yang lebih bisa dinikmati selama perjalanan.

Sebagai informasi, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan prasarana kereta cepat Whoosh siap menyambut momen angkutan Lebaran 2024.

Manajer Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan menyambut momen angkutan Lebaran 2024, kegiatan pemeriksaan prasarana kereta cepat Whoosh terus ditingkatkan.

Angkutan lebaran perdana bagi Whoosh tersebut harus dipersiapkan sebaik mungkin untuk dapat melayani masyarakat dengan baik.

Pemeriksaan dan perawatan prasarana Whoosh seperti jalur kereta, jaringan listrik aliran atas, peralatan persinyalan dan telekomunikasi serta sound barier terus dilakukan secara intensif untuk memastikan seluruhnya dalam kondisi yang andal.

Mulai pukul 00.00 WIB hingga 04.00 WIB atau selama 4 jam sebanyak total 250 petugas diturunkan secara bersamaan di sepanjang jalur Whoosh sejauh 142,3 km yang dibagi menjadi empat wilayah.

Emir menuturkan pemeriksaan dan perawatan prasarana merupakan hal yang sangat penting dilakukan guna memastikan keselamatan perjalanan Whoosh.

Pemeriksaan dilakukan secara berkala baik di jam kerja maupun saat Whoosh sudah berhenti beroperasi baik secara manual ataupun menggunakan kereta inspeksi ataupun kereta kerja.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PT KAI dukung kereta cepat Whoosh maksimalkan layanan angkutan Lebaran