Unila gelar Seminar Nasional Insinyur Profesional V Tahun 2023

id unila, unuversitas lampung, snip, fakultas teknik, seminar insinyur

Unila gelar Seminar Nasional Insinyur Profesional V Tahun 2023

Unila gelar Seminar Nasional Insinyur Profesional V Tahun 2023 (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Lampung (Unila) kembali menggelar Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) V Tahun 2023 guna mendiskusikan peran kunci insinyur dalam pembangunan nasional.

Acara prestisius ini menghadirkan para pemangku kepentingan, narasumber terkemuka, dan peserta dari berbagai latar belakang untuk merayakan dan mendiskusikan peran kunci insinyur dalam pembangunan nasional.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM, Asean Eng., di Bandarlampung, Rabu, mengatakan insinyur berperan dalam mendorong kemajuan bangsa. 

 “Insinyur adalah tulang punggung dalam pembangunan sebuah negara. Mereka adalah para inovator, pemecah masalah, dan pemimpin dalam mewujudkan perkembangan teknologi yang berkelanjutan," ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung Dr. Eng. Ir. Helmy Fitriawan, S.T., M.Sc.,  menggarisbawahi peran penting Fakultas Teknik dalam menghasilkan insinyur-insinyur muda yang siap menghadapi berbagai tantangan di era teknologi modern.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa acara ini menghadirkan 98 pemakalah dari berbagai bidang ilmu teknik, seperti Teknik Sipil dan Lingkungan, Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Teknik Elektro dan Informatika, Teknik Mesin dan Industri, Teknik Geologi/Teknik Perminyakan/Teknik Pertambangan, Teknik Geodesi dan Teknik Geofisika, Teknik Kimia, serta bidang ilmu teknik lainnya yang relevan.

“Acara ini juga memfasilitasi 12 sesi paralel room untuk mendiskusikan berbagai topik menarik dalam ilmu teknik,” katanya.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung ini mengungkapkan akan pentingnya seminar ini diselenggarakan.

“Setiap tahun kami Fakultas Teknik khususnya Program Studi Profesi Insinyur mengadakan seminar nasional, tahun ini adalah seminar kita yang ke-5. Jadi setiap tahun kita membahas atau mendiskusikan tentang ilmu-ilmu keinsinyuran, bidang keinsinyuran,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa profesi insinyur kan ini dibutuhkan apalagi untuk bangsa Indonesia  rekam pembangunan yang gencar-gencarnya seperti ini, jadi setiap tahun pasti kita adakan. Dan itu di setiap seminar merekomendasikan berbagai hal tentang keinsinyuran.

Ir. H. Afriansyah Noor, S.T., M.Si., IPU, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia  menganggap akan pentingnya seminar ini.

“Saya menganggap bahwa tema hari ini sangat luar bisa Seminar Nasional Insinyur Profesional yang ke-lima ya, itu mendapatkan nilai-nilai tambah seorang yang berprofesi insinyur, bagaimana peran insinyur ke depan,” kata Afriansyah Noor.

Sebagai informasi SNIP V tahun 2023 yang dilakukan secara hybrid melalui teleconference dan juga bertempat di Aula Dekanat Fakultas Teknik Unila (13 September 2023) dan Hotel Bukit Lampung (14 September 2023), memungkinkan partisipasi dari berbagai tempat, mencerminkan semangat inklusi dan kolaborasi yang kuat.

Acara ini menjadi forum yang sangat berharga untuk berbagi pengetahuan, ide, dan pengalaman, serta memperkuat kemitraan antara akademisi, industri, dan pemerintah dalam mendorong transformasi insinyur sebagai katalis pembangunan nasional.