Petugas damkar Lampung Selatan tangkap ular sanca di pemukiman warga

id Ular sanca ,Ditangkap ,Damkarmart

Petugas damkar Lampung Selatan tangkap ular sanca di pemukiman warga

Suasanan saat pengkapan ular di Lampung Selatan (ANTARA/HO- Damkarmart)

Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan mengevakuasi seekor ular sanca di saluran air rumah warga Desa Wayhui, Kecamatan Jati Agung.

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, saat dihubungi dari Pesisir Barat, Sabtu, membenarkan bahwa pihaknya telah mengevakuasi ular jenis sanca dari rumah warga.

"Seorang warga bernama Septonugraha melaporkan bahwa ada laporan ular jenis sanca yang berada di saluran air rumah nya dan telah memangsa tiga ekor ayam peliharaan nya," kata Rully Fikriansyah.

Setelah itu, katanya, tim penyelamat Damkar Lampung Selatan langsung turun ke tempat kejadian guna dilakukan penangkapan dan evakuasi atas ular tersebut.

"Pada jam 22.00 Wib Kemudian anggota Posko Jati Agung mempersiapkan peralatan dan segera meluncur ke lokasi pukul 22.05 WIB Setiba di lokasi anggota langsung mengevakuasi ular sanca dan selesai evakuasi jam 22.30 WIB," kata dia.

Ia menjelaskan, pelangkapan ular tersebut membutuhkan waktu, melihat ukuran dari ular tersebut sudah besar.

"Petugas kami telah mengevakuasi ular sanca dengan ukuran panjang kurang lebih 4 meter di Desa Wayhui," ujarnya.

Atas kejadian tersebut, salah seorang warga mengatakan pihaknya khawatir dengan ditemukan ular tersebut, dengan ukuran sebesar itu, kemungkinan masih banyak anak ular yang berkeliaran.

Ruly mengimbau agar warga segera melapor ke Pos Damkar apabila menemukan ular sanca ataupun sejenis lainnya yang bisa membahayakan warga di lingkungan tempat tinggal.

"Petugas kami punya keahlian dan siap membantu evakuasi hewan berbisa, seperti ular. Warga jangan evakuasi sendiri, karena sangat berbahaya bahkan dapat mengancam nyawa," katanya.