Ratusan bus padati areal parkir Pelabuhan Bakauheni pada H+8 dini hari

id Bakauheni,Pelabuhan bakauheni,Lampung Selatan

Ratusan bus padati areal parkir Pelabuhan Bakauheni pada H+8 dini hari

Kepadatan sejumlah kendaraan bus dan roda empat di area pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan Lampung. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Ya pak ini saya ngantri mau masuk kapal sudah empat jam lebih, dan memang puncak arus mudik kedua ini terjadi malam ini makanya ramai benar pak, kata Mahyudin

Lampung Selatan (ANTARA) - Ratusan kendaraan bus yang mengangkut pemudik arus balik, masih terus berdatangan dan memadati kantong parkir di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, pada Senin dini hari atau H+8 Lebaran 2023.

Berdasarkan pantauan ANTARA di Pelabuhan Bakauheni, Senin, pada pukul 00.00 WIB hingga 03.05 WIB, kendaraan bus terpantau terus berdatangan dan memadati pelabuhan.

Ratusan kendaraan tersebut, berasal dari berbagai daerah di Provinsi Lampung dan Sumatera, yang ingin kembali ke Pulau Jawa.

Mahyudin (40), salah satu supir bus CSH 88 mengatakan, ia telah mengantri empat jam di kantong parkir untuk masuk ke kapal di Pelabuhan Bakauheni.

"Ya pak ini saya ngantri mau masuk kapal sudah empat jam lebih, dan memang puncak arus mudik kedua ini terjadi malam ini makanya ramai benar pak," kata Mahyudin, di Bakauheni.

Tidak hanya kendaraan bus saja, namun kendaraan roda dua, empat dan mobil barang pun terpantau memadati area pelabuhan.

Sejumlah petugas kepolisian, TNI, dan petugas ASDP terlihat sibuk mengatur arus lalu lintas di dalam pelabuhan.

Rohman salah satu petugas yang mengatur lalulintas di area pelabuhan mengatakan, kepadatan ini mulai terlihat pada pagi hingga dini hari saat ini.

"Ya mulai terlihat padat itu dari tadi pagi sampai saat ini masih tidak berhenti, kepadatannya ngalir ramai lancar," kata dia.

Berdasarkan data 12 jam dari Posko Pelabuhan Bakauheni, Lampung, jumlah kendaraan roda dua sebanyak 10.025 unit, dan kendaraan mobil sebanyak 8.440 unit, serta bus 232 unit.

Sebelumnya General Manager PT ASDP cabang Bakauheni, Rudi Sunarko, mengatakan, bahwa puncak arus balik gelombang kedua diperkirakan terjadi pada hari ini (30/4).

Rudi Sunarko mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket melalui aplikasi Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau calon pemudik dari Pulau Sumatera ke Jawa dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," tambahnya.