Aktivitas penyeberangan rute Pelabuhan Bakauheni-Merak pada H+6 menurun

id Lampung Selatan ,Bakauheni ,Arus balik penumpang kapal

Aktivitas penyeberangan rute Pelabuhan Bakauheni-Merak pada H+6 menurun

Suasana sejumlah kendaraan yang hendak masuk ke dalam kapal dermaga dua pelabuhan Bakauheni, Lampung pada H+6 atau Rabu (17/4/2024). ANTARA/Riadi Gunawan

Lampung Selatan (ANTARA) - Aktivitas penyeberangan pemudik arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, menuju Merak, Banten pada H+6 lebaran 2024 mengalami penurunan dari hari sebelumnya.

General Manager PT ASDP Feri Indonesia Cabang Bakauheni Rudi Sunarko di Bakauheni, Rabu, mengatakan jumlah penumpang yang melakukan penyeberangan ke Pelabuhan Merak pada H+6 sebanyak 110.483 orang. Jumlah itu mengalami penurunan dari hari Selasa (16/4), yakni 158.935 orang.

"Jumlah penumpang itu terdiri atas penumpang pejalan kaki 8.767 orang dan penumpang di dalam kendaraan mencapai 101.716 orang," kata Rudi Sunarko.

Ia menambahkan, untuk jumlah kendaraan yang menyeberang dari Sumatera ke pulau Jawa sebanyak 24.847 unit atau mengalami penurunan dari satu hari yang lalu dimana sebanyak 36.136 unit.

Ia menjelaskan penumpang kendaraan terbagi menjadi empat kendaraan yakni roda dua, roda empat, bus dan truk dan kendaraan besar.

"Untuk jumlah penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 9.181 unit, roda empat 13.207 unit, bus 674 unit, dan truk kendaraan besar 1.785 unit," katanya.

Ia juga menjelaskan PT ASDP Cabang Bakauheni dengan kesiapan armada kapalnya dinilai telah berhasil melayani mobilisasi penumpang pada periode angkutan Lebaran Idul Fitri tahun 2024.

Rudi Sunarko mengimbau kepada para pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari. "Kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," ujarnya.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri mulai 11 Desember 2023.