Dekranasda Lampung ajak perajin binaan berani berinovasi

id Dekranasda Lampung, perajin kerajinan, inovasi karya

Dekranasda Lampung ajak perajin binaan berani berinovasi

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari. ANTARA/HO-Diskominfo Provinsi Lampung.

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari mengajak perajin binaan yang ada di daerahnya untuk berani berinovasi dalam menghasilkan karya kerajinan.

"Kepada para perajin binaan di kabupaten dan kota, mari terus melakukan inovasi karya untuk menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas," ujar Riana Sari, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan para perajin harus berani berinovasi untuk membentuk beragam produk kerajinan yang bernilai jual tinggi.

"Harus berani mengambil langkah untuk berinovasi dan jangan takut tidak laku terjual dengan model baru atau takut kalah saing," katanya.

Dia pun mengimbau ketua Dekranasda kabupaten dan kota agar terus konsisten membina perajin di daerah untuk menghasilkan produk yang inovatif.

"Saya berpesan kepada ketua Dekranasda kabupaten dan kota agar terus konsisten membina perajin di daerah agar terus menghasilkan produk yang beragam," ucapnya.

Menurut dia, tidak menutup kemungkinan perajin kerajinan ataupun wastra di daerah dapat membuat produk dan berkolaborasi dengan desainer lokal maupun nasional.

"Bisa berkolaborasi dengan para desainer, hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengangkat kerajinan dan wastra daerah ke ranah internasional," tambahnya.

Ia melanjutkan Dekranasda sebagai sarana untuk menghimpun potensi pengembangan produk kerajinan, pelestarian dan pengembangan seni dan budaya daerah. Akan terus membantu meningkatkan kontribusi industri kerajinan dalam pembangunan nasional dan daerah. 

"Sinergitas harus terus dijaga agar upaya pengembangan kerajinan dan para perajin dapat berjalan dengan baik sehingga bisa berkontribusi untuk pembangunan daerah dan nasional," ujar dia lagi.