Di Padang Pariaman, petani kini gemar tanam terong

id Petani Padang Pariaman,Petani tanam terong padang pariaman,Antara Lampung,Lampung Update

Di Padang Pariaman, petani kini gemar tanam terong

Salah seorang petani terong di V Koto Timur, Padang Pariaman, Sumbar Amrizal Chan sedang memanen terong di lahannya. ANTARA/Aadiaat M. S. 

Parik Malintang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, Sumatera Barat, mengungkapkan banyak petani di daerah itu yang gemar menanam terong di lahan produktif dalam setahun terakhir dengan pemasaran komoditas tersebut sampai ke luar provinsi itu.
 
"Sekarang banyak petani yang menanam terong," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padang Pariaman Yurisman Yakub.
 
  Menurutnya, banyaknya petani yang menanam terong karena selain perawatan yang mudah dibandingkan dengan cabai, juga harganya saat ini relatif stabil berkisar Rp5 ribu per kilogram.
 
Terong tersebut dijual kepada pengusaha rumah makan yang ada di kabupaten dan kota, baik di Sumatera Barat maupun di Provinsi Riau dan Jambi.
 
Oleh karena itu ia mendorong petani di daerah itu untuk terus memanfaatkan lahan untuk peningkatan ekonomi baik dengan menanam terong atau komoditas lainnya.
 
Sementara itu salah seorang petani terong di V Koto Timur Amrizal Chan mengatakan dirinya memanfaatkan lahan tidak produktif untuk menanam terong dengan luas lahan sekitar empat hektare.

"Lahan yang saya gunakan bekas longsor akibat gempa 2009, semenjak itu lahan ini tidak produktif lagi," katanya