Pingsan di kolam Kejuaraan Dunia, perenang AS berhasil diselamatkan

id kejuaraan dunia akuatik,anita alvarez,Renang,Fina

Pingsan di kolam Kejuaraan Dunia, perenang AS berhasil diselamatkan

Arsip - Perenang asal Amerika Serikat Anita Alvarez dan Ruby Remati berkompetisi dalam babak penyisihan Women's Duet Free FINA World Swimming Championship ke-18 di Yeomju Gymnasium, Gwangju, Korea Selatan, Selasa (16/7/2019). REUTERS/Kim Hong-Ji/aww/cfo

Anita baik-baik saja -- dokter memeriksa semua tanda vitalnya dan semuanya normal: detak jantung, oksigen, kadar gula, tekanan darah, kata Fuentes
Jakarta (ANTARA) - Perenang artistik Anita Alvarez secara dramatis diselamatkan dari dasar kolam oleh pelatih kepala Tim Amerika Serikat (AS) setelah pingsan dalam adegan menyedihkan pada Kejuaraan Dunia Akuatik (FINA) di Budapest, Hongaria.

Andrea Fuentes melompat untuk menyelamatkan Alvarez, yang tenggelam ke dasar kolam dan tidak bernafas setelah pingsan pada akhir routine final bebas solo Rabu malam.

"Itu sangat menakutkan. Saya harus melompat karena para petugas keselamatan tidak melakukannya," kata Fuentes seperti dilaporkan oleh surat kabar Spanyol Marca yang dikutip AFP, Kamis.

Fuentes, sedang tidak berbaju renang namun mengenakan celana pendek dan T-shirt, menyelam ke dasar kolam dan menarik Alvarez ke permukaan sebelum dibantu untuk membawa perenang Amerika itu ke tepi kolam.

"Saya takut karena saya lihat ia tidak bernafas, tapi sekarang ia sangat baik," kata Fuentes, peraih medali renang artistik Olimpiade empat kali.

Alvarez dibawa dengan tandu ke pusat medis kolam tersebut, dengan rekan-rekan setimnya dan fans syok di pinggir kolam, dan beberapa menitikkan air mata saling menghibur satu sama lain.

"Itu sangat intens," kata Fuentes kepada surat kabar AS. "Saya pikir ia paling tidak dua menit tidak bernafas karena paru-parunya penuh air.

Fuentes mengkritik lambannya reaksi para penyelamat dalam Kejuaraan Dunia Akuatik, yang akan berakhir pada Minggu setelah 10 hari kompetisi.

"Ketika saya melihatnya tenggelam, saya memandang ke arah para penyelamat itu, tapi saya lihat mereka tertegun. Mereka tidak bereaksi," kata Fuentes.

"Saya tidak terlalu memikirkannya, saya lompat. Saya kira ini adalah menyelam bebas tergila dan tercepat yang pernah saya lakukan dalam karir saya.

"Anita baik-baik saja -- dokter memeriksa semua tanda vitalnya dan semuanya normal: detak jantung, oksigen, kadar gula, tekanan darah," kata Fuentes dalam pernyataan tersebut.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022