Universitas Lampung siapkan 10 ribu kuota calon mahasiswa baru

id Unila,Universitas Lampung,Lampung,Perguruan Tinggi,Pendidikan

Universitas Lampung siapkan 10 ribu kuota calon mahasiswa baru

Gedung Rektorat Universitas Lampung (Unila). Bandarlampung, Rabu, (12/1/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) -
Universitas Lampung (Unila) menyiapkan 10 ribu kuota bagi calon mahasiswa baru pada tahun 2022 yang terbagi di 61 program studi (prodi) sarjana dan 11 prodi diploma di perguruan tinggi ini.

"Kami berkomitmen untuk bisa menerima 10 ribu calon mahasiswa pada 61 prodi sarjana dan 11 prodi diploma," kata Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., di Bandarlampung, Rabu.

Dia menyebutkan bahwa pada tahun 2022 ini, Universitas Lampung akan menerima mahasiswa baru melalui berbagai jalur penerimaan seperti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Selain itu terdapat juga penerimaan melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN), serta jalur mandiri," ujarnya.

Ia pun berharap informasi dan sosialisasi terkait penerimaan mahasiswa baru di Unila dapat menjadi kabar berharga bagi pihak sekolah, siswa maupun orang tua.

Kemudian, Rektor mengatakan bahwa di era digitalisasi, proses seleksi calon mahasiswa baru di PTN akan dikembangkan sesuai perkembangan teknologi informasi, dan siber, serta tuntutan masyarakat terhadap output pendidikan tinggi yang kompeten.

"Masyarakat sekarang membutuhkan model tes dan seleksi yang mengacu pada prinsip-prinsip kenyamanan, fleksibel, dan berkualitas," ujarnya.

Namun, ia pun mengatakan bahwa peningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) memang telah menjadi kebutuhan dan kebijakan nasional.

"Tentunya diharapkan, upaya peningkatan kualitas dalam proses seleksi ini, berdasarkan semangat untuk mendapatkan calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dan potensi," kata dia.