Pemkab Serdang Bedagai beri pelatihan kader Posyandu

id Serdang Bedagai

Pemkab Serdang Bedagai beri pelatihan kader Posyandu

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya saat membuka pelatihan untuk kader Posyandu (ANTARA/HO)

Seirampah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, memberikan pelatihan kepada kader pos pelayanan terpadu (Posyandu) sebagai upaya meningkatkan kapasitas SDM sekaligus untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya di Seirampah, Kamis, mengatakan, kader Posyandu merupakan mitra pemerintah yang berada di garda terdepan dalam mewujudkan salah satu Sapta Dambaan (Sapda) yaitu masyarakat yang sehat dan religius.

"Keberhasilan program pembangunan daerah ini sangat bergantung dari kapasitas dan kapabilitas para kader dalam memberikan pelayanan dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat," katanya.

Mengingat strategisnya peranan Kader Posyandu ini, kata Bupati lagi, maka diperlukan upaya yang terus-menerus untuk meningkatkan kapasitas SDM para Kader melalui berbagai kegiatan, termasuk salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan hari ini.

Ia berharap jika kehadiran Kader Posyandu dapat mengontrol kehamilan pada ibu-ibu hamil agar saat hamil mendapatkan nutrisi yang baik sehingga anak yang dikandung tidak mengalami stunting.

Kepada para kader Posyandu yang mengikuti pelatihan diharapkan dapat menjadi fasilitator dan dinamisator kegiatan Posyandu di setiap desa atau kelurahan sehingga kualitas pelayanan Posyandu akan semakin meningkat.

"Teruslah berkarya dalam menjadikan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini menjadi Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius," katanya.

Ketua PKK Serdang Bedagai, Rosmaida Saragih Darma Wijaya, mengatakan pelatihan itu digelar mengingat masih kurangnya pengetahuan dari para Kader Posyandu. Padahal mereka merupakan ujung tombak kegiatan di Posyandu tentu kehadirannya sangat strategis dalam melayani masyarakat.

Peran serta Posyandu juga untuk mengontrol kehamilan para ibu hamil. Hal ini guna menghindar stunting pada anak dan kader posyandu agar dapat mengimplementasikan apa yang didapatkan hari ini di Posyandu masing-masing.

"Pelatihan ini sangat penting untuk memberi pembelajaran agar lebih baik sehingga dapat menciptakan generasi yang unggul dan produktif," katanya.

Uploader : Angga Pramana