Itera terapkan protokol kesehatan ketat pada ujian SMMPTN Barat

id Itera,SMMPTN,COVID-19,Mahasiswa baru,Pendidikan,Institut Teknologi Sumatra

Itera terapkan protokol kesehatan ketat pada  ujian SMMPTN Barat

Pelaksanaan ujian Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat guna mencegah penyebaran COVID-19. Senin, (28/6/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna/Ho)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) memerapkan protokol kesehatan dengan ketat dalam Pelaksanaan ujian Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat guna mencegah penyebaran COVID-19 di kampus itu.

"Sebelum peserta masuk ke ruang ujian mereka wajib dicek kesehatannya, lalu kami juga melakukan pengaturan dan sterilisasi ruangan, hingga wajib menunjukkan bukti rapid tes antigen dengan hasil negatif COVID-19 bagi peserta ujian dari luar Provinsi Lampung," kata Wakil Rektor ITERA Bidang Akademik Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., dalam keterangan tertulinya, di Bandarlampung, Senin.

Dia menyebutkan pada SMMPTN Barat ITERA tahun ini peserta yang mendaftar sebanyak 1.184  dengan rincian 524 orang memilih program studi yang ada di ITERA sebagai pilihan I dan 660 pilihan II, sedangkan peserta yang memilih  melaksanakan ujian di kampus ITERA berjumlah 335 peserta.

"Pelaksanaan ujian dilakukan dalam dua sesi yakni sesi pagi, dan sesi siang dengan menerapkan protokol kesehatan," kata dia.

Dia pun mengungkapkan bahwa terdapat lima program studi paling diminati dalam SMMPTN Barat di ITERA tahun ini yakni, Farmasi dengan 246 pendaftar, Teknik Informatika (125), Teknik Pertambangan (96), Teknik Sipil (92), dan Teknik Biomedis (61). 

"Untuk kuota calon mahasiswa yang akan diterima melalui jalur ini sebanyak 549," kata dia.

Wakil Rektor Itera tersebut  menyampaikan ujian jalur mandiri SMMPTN Barat di Itera dilaksanakan untuk memberikan kesempatan calon mahasiswa yang belum lolos melalui jalur reguler SNMPTN dan SBMPTN untuk dapat mengakses pendidikan tinggi di ITERA.

"Pelaksanaan SMMPTN dilakukan sesuai dengan ketentuan yakni dilaksanakan serentak bersama perguruan tinggi negeri lain di wilayah Indonesia bagian Barat. Khusus untuk jalur mandiri, ITERA menyiapkan kuota sebanyak 10% dari sekitar 5.000 calon mahasiswa yang akan diterima tahun ini," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA Dr. Eko Satria, M.Si., menjelaskan dalam pelaksanaan ujian ini, pihak kampus telah berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 Provinsi Lampung serta bekerjasama dengan RS Airan Raya, Kabupaten Lampung Selatan untuk menyediakan tim medis guna mengatisipasi hal-hal ynag tidak diinginkan.

"Peserta yang lulus dalam tes jalur SMMPTN ITERA akan diumumkan pada, 14 Juli 2021 Pukul 16:00. Bagi pendaftar jalur SMMPTN ITERA, bisa mendapatkan informasi resmi tentang jalur mandiri di website pmb.itera.ac.id.," kata dia.