Itera buka pendaftaran mahasiswa baru jalur SMMPTN wilayah barat

id Lampung, itera, Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN), smmptn, barat

Itera buka pendaftaran mahasiswa baru jalur SMMPTN wilayah barat

Wakil Rektor Bidang Akademik ITERA Ing Mitra Djamal, (Antaralampung/ITERA)

Tahun lalu Itera menjadi kampus percontohan pelaksanaan ujian SMMPTN secara UTBK, dan tahun ini semua kampus sudah melaksanakan UTBK, ujarnya

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) wilayah Barat, 17 Mei – 21 Juni 2021.

Dalam seleksi jalur ini Itera mengalokasikan kuota sebanyak 10 persen dari total mahasiswa baru yang akan diterima tahun ini, atau sebanyak 549 mahasiswa yang tersebar di 35 program studi (prodi), kata Wakil Rektor Bidang Akademik ITERA Ing Mitra Djamal di Bandarlamp[ung, Rabu.

Dalam seleksi SMMPTN Barat, Itera bekerja sama dengan 16 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lain yang tergabung di bawah Badan Kerja Sama (BKS) PTN Indonesia Wilayah Barat.

Mitra Djamal menjelaskan pembukaan pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri adalah sebagai upaya memperluas kesempatan calon mahasiswa atau lulusan SMA sederajat untuk menempuh pendidikan tinggi. Sebanyak 35 prodi dengan bidang sains dan teknologi di Itera dapat dipilih oleh para calon mahasiswa baru.

Baca juga: ITERA siapkan GeNose guna persiapan kuliah secara "hybrid learning"

Untuk mengikuti SMMPTN Wilayah Barat, peserta yang mendaftar akan dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp350 ribu dan berlaku seragam untuk seluruh PTN. Pembayaran dilakukan melalui bank mitra yang telah ditetapkan panitia. Peserta nantinya dapat memilih maksimal dua prodi baik pada satu PTN atau PTN yang berbeda.

Selain itu, Mitra Djamal juga menambahkan, dalam SMMPTN Wilayah Barat tahun ini, peserta akan mengikuti ujian model UTBK-SBMPTN yaitu CAT (Computer Assisted Test), seperti yang sebelumnya telah dilakukan oleh ITERA. 

“Tahun lalu Itera menjadi kampus percontohan pelaksanaan ujian SMMPTN secara UTBK, dan tahun ini semua kampus sudah melaksanakan UTBK,” ujarnya.

Pelaksanaan tes secara UTBK, menurut dia, dilakukan untuk memudahkan peserta tes, dan mempercepat untuk mengetahui  hasil tes, sehingga lebih menjamin kepastian lulusan.

Baca juga: Mahasiswa Itera juara 1 desain hunian bertingkat tingkat nasional

Sementara Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Itera Eko Satria, menjelaskan  pendaftaran SMMPTN Wilayah Barat sudah dimulai 17 Mei 2021 pukul 16.00 WIB hingga 21 Juni 2021 pukul 16.00 WIB. Pelaksanaan UTBK SMMPTN Wilayah Barat dijadwalkan pada 28 Juni hingga 7 Juli 2021, dan hasil tes diumumkan pada 14 Juli 2021 pukul 16.00 WIB.

Dalam pelaksanaan SMMPTN Wilayah Barat, Itera menyelenggarakan ujian bagi peserta yang memilih bidang Saintek dan Soshum. Peserta juga dapat memilih lokasi ujian di kampus terdekat dengan tempat tinggal, tidak harus di kampus yang menjadi pilihan.

Baca juga: Itera pelopori pembentukan masyarakat tanggap bencana di kampus

Hanya saja, pendaftar yang dapat memilih prodi di Itera adalah lulusan SMA/SMK sederajat atau paket C jurusan IPA yang lulus tahun 2019, 2020, dan 2021.  Lulusan SMA/sederajat jurusan IPS hanya dapat mengikuti seleksi dengan pilihan Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) namun tetap mengikuti tes bidang saintek.

Meskipun terlihat bahwa jadwal pendaftaran cukup panjang, para peserta sudah bisa mendaftar pada awal waktu, untuk menghindari terjadinya down system karena adanya penumpukan pendaftaran pada hari-hari terakhir. Ini juga untuk mengantisipasi gagal bayar di ATM bank-bank mitra.  Informasi resmi mengenai SMMPTN-Barat 2021 dapat diakses melalui laman www.smmptnbarat.id atau pmb.itera.ac.id.

Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar