BMKG prakirakan Lampung berpotensi dilanda hujan lebat dan petir

id prakiraan cuaca,bmkg,hujan lebat

BMKG prakirakan Lampung berpotensi dilanda hujan lebat dan petir

Tangkapan layar - Citra satelit Himawari 8 EH untuk prakiraan cuaca Indonesia dari situs BMKG pada Kamis (3/6/2021). (ANTARA/Virna P Setyorini)

BMKG juga memperingatkan adanya beberapa daerah yang masuk kategori waspada banjir dan bandang akibat hujan lebat, yaitu Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di Lampung dan beberapa daerah di Sumatera dan hampir di seluruh wilayah Jawa serta sebagian Sulawesi pada Jumat (25/6).

Dalam peringatan dini cuaca yang dikutip dari situs BMKG dari Jakarta, Jumat, terdapat beberapa wilayah berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir, yaitu Lampung, Aceh, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, juga berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, serta Papua.

Sementara wilayah yang berpotensimengalami hujan dengan intensitas lebih rendah terdapat di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat.

Menurut BMKG, potensi pertumbuhan awan hujan meningkat di daerah sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan konvergensi. Situasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Bengkulu dan Kalimantan Barat yang membentuk daerah pertemuan kecepatan angin atau konvergensi.

Konvergensi itu memanjang dari perairan selatan Jawa Barat hingga Samudera Hindia barat Lampung dan dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat. Daerah konvergensi juga terpantau dari Papua selatan sampai Laut Arafuru dan di Papua tengah.

BMKG juga memperingatkan adanya beberapa daerah yang masuk kategori waspada banjir dan bandang akibat hujan lebat, yaitu Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Untuk wilayah tengah dan timur Indonesia potensi itu terdapat di Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua yang semuanya masuk kategori waspada.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar