BP2MI Lampung segera mencari keluarga PMI terkena masalah di Malaysia

id BP2MI,Lampung ,PMI,Pekerja Migran,pmi lampung

BP2MI Lampung segera mencari keluarga PMI terkena masalah di Malaysia

Kantor UPT BP2MI Lampung. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Kami akan bergerak melakukan klarifikasi kepada keluarga yang bersangkutan
Bandarlampung (ANTARA) - Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Lampung segera bergerak mencari tahu alamat keluarga pekerja migran Indonesia (PMI) yang tersangkut masalah di Malaysia.

"Kami akan bergerak melakukan klarifikasi kepada keluarga yang bersangkutan, kami ingin tahu sejauh mana atau bagaimana PMI itu bisa sampai ke Malaysia," kata Kepala UPT BP2MI Lampung Ahmad Salabi, di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, informasi-informasi yang disampaikan sejumlah media massa terkait PMI asal Lampung yang tersandung masalah di Malaysia masih simpang siur, sebab mereka tidak menyebutkan nama serta alamat pasti.

"Kami sedikit kesulitan untuk mengklarifikasinya, kemana dan siapa keluarga yang bersangkutan, prosedur PMI ini sampai ke negeri tetangga seperti apa, ini yang akan kami gali dan secepatnya akan dicari tahu," kata dia pula.

Terkait persoalan ini, lanjut dia, Kedutaan Besar Indonesia di Malaysia kemungkinan sudah melakukan tindak lanjut, sebab dalam kasus tersebut BP2MI berbagi tugas dengan kedutaan setempat.

"Kalau kasusnya di Malaysia itu domainnya kedutaan, kami tidak bisa intervensi, tapi setelah pulang ke Lampung ini tugas kami untuk mengantarkan PMI ini ke keluarganya," kata dia lagi.

Dia pun mengungkapkan bahwa pihaknya akan memberikan bantuan semaksimal mungkin kepada PMI dan warga Indonesia yang bekerja di luar negeri tanpa terkecuali.

"Kami akan bantu semuanya bagaimana pun statusnya mau dia PMI atau pun warga Indonesia di luar negeri," kata dia.

Dia pun mengatakan bahwa persoalan WNI yang disebutkan warga Lampung tersebut, yakni yang bersangkutan mendapatkan siksaan dari majikannya serta gaji yang dibayarkan tidak sesuai dengan yang dijanjikan.
Baca juga: BP2MI Lampung berharap kabupaten/kota dapat jemput PMI di tempat karantina
Baca juga: Disnaker Provinsi Lampung siapkan tempat isolasi bagi PMI habis kontrak
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar