Libur panjang, arus mudik kendaraan melintasi JTTS diperkirakan naik 100 persen

id Lampung, hutama karya, jalan tol, tol lampung

Libur panjang, arus mudik kendaraan melintasi JTTS diperkirakan naik 100 persen

Suasana gerbang tol kota baru (Foto : Antaralampung/Istimewa)

Bandarlampung (ANTARA) -



PT Hutama Karya (Persero) memperkirakan peningkatan volume lalu lintas (VLL) kendaraan pada arus mudik libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhamad SAW di Jalan Tol Trans Sumatera (JTSS)  mencapai 100 persen dari hari biasanya. 

"Kita prediksi pada libur panjang ini, kendaraan yang melintas di JTTS naik hingga 100 persen dari hari biasanya sebanyak 4.000 unit, baik dari dan ke luar Sumatera," kata Branch Manager PT Hutama Karya (Persero) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Hanung Hanindito, di Bandarlampung, Sabtu. 

Menurutnya, prediksi kendaraan yang melintas di JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, terjadi pada Rabu dan Kamis (28-29/10), sedangkan arus balik pada Minggu (1/11). 

Selain itu, untuk mengantisipasi kepadatan di gerbang tol, ia mengimbau kepada seluruh pengguna tol wajib memiliki saldo yang cukup saat ingin keluar dari gerbang tol untuk menghindari kepadatan kendaraan. 

"Saldo e-Tol wajib terisi dan cukup, bila saldo cukup maka transaksi di gerbang tol tidak butuh waktu lama, hanya 3-5 detik saja. Bila saldo tidak cukup maka akan membutuhkan waktu 1-5 menit bahkan lebih, ini yang dapat mengakibatkan kepadatan kendaraan di gerbang tol," katanya. 

Hanung juga mengatakan, untuk arus balik libur panjang diperkirakan pada Minggu (1/11) November 2020, mengingat Senin (2/11) sudah masuk kerja. 

"Pengguna jalan tol tetap berhati-hati saat berkendara dan beristirahat saat sudah lelah atau mengantuk di rest area yang telah tersedia," jelasnya


Pewarta :
Editor : Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar