Dinkes: 21 bakal calon kepala daerah sudah tes usap di RSUDAM

id COVID-19,Wuhan

Dinkes: 21 bakal calon kepala daerah sudah tes usap di RSUDAM

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung Selasa, (1/9/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Jadi untuk tes swab ini kita memberi harga Rp1,5 juta per orang dan kalau mereka negatif bisa mendaftar ke KPU dan melanjutkan tahapan ke pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mencatat sudah sebanyak 21 bakal calon kepala daerah yang akan bertarung di delapan kabupaten/kota pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 telah melakukan tes usap (swab) di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM).

"Ini yang saya sampaikan, mereka yang sudah lakukan swab itu sebanyak 21 orang tapi yang mendaftar mungkin lebih dari itu," kata Reihana yang juga Plt Direktur Utama RSUDAM, di Bandarlampung, Selasa.

Namun, lanjut dia, untuk hasil swab dari semua bakal calon kepala daerah tersebut masih belum bisa diketahui sebab apabila melakukan tes usap hari ini hasilnya akan keluar sore hari atau besok.

"Hasilnya swabnya mungkin sore nanti dan besok keluar, kalau sekarang belum ada. Kita doakan bersama mereka semua negatif COVID-19," kata dia.

Baca juga: Golkar rekomendasi delapan pasangan calon pada pilkada di Lampung

Ia menjelaskan pemeriksaan tes usap merupakan sebagai salah satu syarat untuk melakukan pendaftaran calon kepala secara langsung ke Komisi Pemilhan Umum (KPU) sebagai tindak lanjut dari saran Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tentang panduan teknis.

"Jadi untuk tes swab ini kita memberi harga Rp1,5 juta per orang dan kalau mereka negatif bisa mendaftar ke KPU dan melanjutkan tahapan ke pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani," kata dia.

Baca juga: KPU Bandarlampung minta paslon tidak bawa pendukung saat pendaftaran

Sementara itu, Ketua IDI Lampung Asep Sukohar mengatakan uji usap menjadi salah satu syarat pendaftaran ke KPU merupakan usulan dari pengurus besar (PB) IDI yang telah berkoordinasi dengan KPU RI.

"Terkait usulan tersebut KPU sudah menyikapinya dan akan dikeluarkan keputusan tentang kemungkinan-kemungkinan bila bakal calon kepala daerah positif COVID-19," jelasnya.

Baca juga: KPU Lampung minta bakal calon lakukan tes usap sebelum pendaftaran

Berikuit daftar nama bakal calon kepala daerah di delapan kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang akan bertarung pada Pilkada serentak Desember 2020 yang sudah melakukan tes swab :

1. Eva Dwiana dari Kota Bandarlampung 
2. Deddy Amarullah dari Kota Bandarlampung
3. Ana Morinda dari Kota Metro
4. Fritz Akhmad Nuzir dari Kota Metro
5. Wahdi dari Kota Metro
6. Qomaru Zaman dari Kota Metro
7. Mufti Salim dari Kota Metro
8. Saleh Candra dari Kota Metro
9. Nanang Ermanto dari Lampung Selatan
10. Yusran Amirullah dari Lampung Timur
11. Beny Kisworo dari Lampung Timur
12. M. Nasir dari Pesawaran
13. Naldi Rinara dari Pesawaran
14. S. Marzuki dari Pesawaran
15. Loekman Djoyosuemarto dari Lampung Tengah
16. M . Ilyas Hayani Muda dari Lampung Tengah
17. Agus Istiqlal dari Pesisir Barat
18. Zulqoini Syarif dari Pesisir Barat
19. Fahrurrozi dari Pesisir Barat 
20. Fiter dari Pesisir Barat 
21. Aria Lukita dari Pesisir Barat.