Rupiah diprediksi menguat tipis di akhir pekan

id Rupiah,Dolar,Kurs

Rupiah diprediksi menguat tipis di akhir pekan

Lembaran mata uang rupiah dan dolar AS diperlihatkan di salah satu jasa penukaran valuta asing di Jakarta. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/kye.

Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan diprediksi akan menguat tipis di tengah variasi sentimen eksternal dan domestik. Rupiah Jumat pagi bergerak naik 13 poin atau 0,09 persen menjadi Rp14.065 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.078 per dolar AS.

"Sesuai ekspektasi, BI memangkas suku bunga acuannya yang tentunya memberikan sentimen positif untuk rupiah, karena pemangkasan bisa membantu meningkatkan aktivitas ekonomi Indonesia.," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Jumat.

Namun, lanjut Ariston, faktor penggerak rupiah bukan hanya terkait penurunan suku bunga BI saja. Rupiah dinilai masih sangat rentan dengan faktor dari luar.

Pada Kamis (18/6), rupiah menguat 5 poin atau 0,04 persen menjadi Rp14.078 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.083 per dolar AS.

Baca juga: Yuan turun 10 basis poin jadi 7,0913 terhadap dolar AS
Baca juga: Dolar AS di kisaran level 107 yen pada Jumat pagi di Tokyo