Fed tahan suku bunga dekati nol, diproyeksi sama hingga 2022

id The Fed,FOMC,suku bunga Fed,pertemuan Fed

Fed tahan suku bunga dekati nol, diproyeksi sama hingga 2022

Arsip-Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengadakan konferensi pers setelah pertemuan dua hari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengenai kebijakan suku bunga di Washington, AS, (29/1/2020). ANTARA/REUTERS/Yuri Gripas/aa.

Washington (ANTARA) - Federal Reserve AS pada Rabu (10/6/2020) mempertahankan suku bunga acuannya tidak berubah pada level rekor terendah mendekati nol di tengah meningkatnya dampak dari resesi yang diinduksi COVID-19, dan memproyeksikan suku bunga tetap pada level saat ini hingga setidaknya 2022.

"Krisis kesehatan publik yang sedang berlangsung akan sangat membebani aktivitas ekonomi, lapangan kerja, dan inflasi dalam waktu dekat, dan menimbulkan risiko yang cukup besar terhadap prospek ekonomi dalam jangka menengah," Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), badan pembuat kebijakan The Fed, mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah mengakhiri pertemuan dua hari.

Mengingat perkembangan ini, komite memutuskan untuk mempertahankan kisaran target suku bunga dana federal pada 0,00 hingga 0,25 persen, kata pernyataan itu.

"Virus dan langkah-langkah tegas yang diambil untuk mengendalikan penyebarannya telah menyebabkan penurunan tajam dalam kegiatan ekonomi dan lonjakan kehilangan pekerjaan," kata Ketua Federal Reserve Jerome Powell dalam konferensi pers virtual Rabu (10/6/2020) sore.

"Indikator pengeluaran dan produksi anjlok pada April, dan penurunan PDB riil pada kuartal saat ini cenderung menjadi yang paling parah dalam catatan," kata Powell.

Bahkan setelah laporan ketenagakerjaan Mei positif yang tak terduga, hampir 20 juta pekerjaan telah hilang sejak Februari, ia mencatat, menambahkan bahwa peningkatan pengangguran telah sangat parah bagi pekerja berupah rendah, untuk wanita, dan untuk Afrika Amerika dan Hispanik.

Powell mengatakan beberapa indikator dalam beberapa pekan terakhir menunjukkan stabilisasi atau bahkan rebound moderat di beberapa segmen ekonomi, seperti barang dagangan ritel dan penjualan kendaraan bermotor, serta pengangguran turun karena beberapa pekerja kembali ke pekerjaan mereka dari PHK sementara.