Lampung berharap peningkatan pertumbuhan ekonomi pada 2020

id pemprov lampung, pertumbuhan ekonomi lampung, bank indonesia lampung

Lampung berharap peningkatan pertumbuhan ekonomi pada 2020

Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto (kiri) dan Kepala Kantor Perwakilan BI Lampung Budiharto Setyawan, di Bandarlampung, Kamis (7/12/2019) (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung meminta semua pihak untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah pada 2020.

"Mulai dari pemerintah daerah, perbankan, dan pelaku usaha harus bersama-sama saling mendukung dan menjaga momentum guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, pada pertemuan tahunan Bank Indonesia (BI) 2019 bertema "Sinergi, Transformasi, dan Inovasi Menuju Indonesia Maju", di AuditoriumBank Indonesia Provinsi Lampung, Bandarlampung, Kamis.

Menurut dia,perekonomian Lampung tahun 2019 tumbuh lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan nasional dan Sumatera.

Kemudian, Iaju inflasi Lampung tahun 2019 dalam kondisi terkendali; dan stabilitas sistem keuangan Lampung terjaga.

Fahrizal Darminto menjelaskan bahwa pertemuan tahunan ini sangat penting untuk mengevaluasi kinerja perekonomian Lampung selama tahun 2019, serta mengetahui peluang dan tantangan yang akan dihadapi memasuki tahun 2020. 

Tentunya, lanjut dia, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung di tahun 2020, optimismistis, sinergitas, dan peran aktif dari semua pihak sangat diperlukan, mulai dari pemerintah, perbankan, dan pelaku usaha. 

Sehingga ke depannya, perekonomian dan pencapaian inflasi di Provinsi Lampung dapat lebih baik lagi dan dapat menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera, adil, dan makmur. 

"Pemerintah harus dapat menjamin kepastian hukum, membangun infrastruktur yang memadai, dan melakukan reformasi birokrasi secara menyeluruh guna membangun iklim usaha yang baik," ujar Fahrizal.

Ia berharap perbankan dapat memaksimalkan perannya sebagai agent of development dengan menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali pada sektor-sektor produktif di Provinsi Lampung. 

"Pelaku usaha diharapkan dapat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk memberikan manfaat pada kemajuan perekonomian Lampung," jelasnya.

Fahrizal menjelaskan Provinsi Lampung memiliki potensi yang sangat besar di bidang pertanian, pariwisata, industri, pertambangan dan energi.

Namun demikian, lanjutnya, untuk mengembangkan dan memperbaiki beberapa sektor ekonomi itu karena pemerintah tidak dapat sendiri.

Karena itu, Fahrizal berharap BI dapat menjadi mitra strategis pemerintah yang baik dalam merumuskan konsep pembangunan ekonomi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Lampung. 

"Bank Indonesia telah banyak membantu pemerintah, kami berharap kerja sama Bank Indonesia sebagai mitra dapat terus terjaga untuk terus membangun ekonomi yang lebih baik dan menekan inflasi. Sehingga, dapat mewujudkan rakyat Lampung Berjaya," tambahnya.