Wagub Lampung dorong inovasi untuk tingkatkan daya saing UMKM

id wagub lampung nunik, chusnunia chalim, inovasi umkm lampung, dinas koperasi lampung,Wakil Gubernur Lampung

Wagub Lampung dorong inovasi untuk tingkatkan daya saing UMKM

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim saat audensi dengan pejabat Dinas Koperasi Lampung, di Bandarlampung, Jumat (11/10/2019) (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mendorong inovasi sejumlah program di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung agar mampu menjawab berbagai persoalan dalam mewujudkan Provinsi Lampung Berjaya.

"Saya tekankan inovasi program untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," kata dia, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan, untuk memajukan koperasi dan UKM di Provinsi Lampung, maka dibutuhkan berbagai program kerja yang konkrit.

Baca juga: Lampung bersihkan pantai untuk majukan pariwisata

Program kerja tersebut, lanjut dia, harus dapat bersentuhan dan mampu dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Wagub menilai berbagai persoalan saat ini membutuhkan inovasi program kerja terutama yang dapat secara langsung memberikan dampak positif terhadap meningkatnya perkonomian masyarakat Lampung.

"Inovasi program kerja tersebut juga harus sesuai dengan 33 janji kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung. Dan tentunya harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat," jelasnya.

Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Isron Fadtricar menuturkan bahwa Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung terus melakukan inovasi program kerja dalam rangka mendukung dan mewujudkan Rakyat lampung Berjaya.

Baca juga: Wagub Lampung minta Pramuka gerakkan "sapu bersih" perangkap satwa

"Adapun inovasi program kerja yang dilakukan di antaranya melakukan perluasan akses pasar melalui digitalisasi, menjalin kerjasama kemitraan dengan berbagai lembaga untuk meningkatkan daya saing koperasi dan UMKM," ujarnya.

Kemudian, memfasilitasi proses pembuatan perizinan bagi UMK se-provinsi Lampung dan memfasilitasi pengurusan legalitas usaha bagi UMK.

Inovasi lainnya yaitu mengenalkan produk unggulan Lampung khususnya kain tapis dengan berbagai evolusinya melalui kegiatan festival tapis, mengenalkan keberagaman produk-produk UMKM melalui Gebyar UKM, serta melakukan bedah koperasi.

Baca juga: Gubernur Lampung lantik pejabat eselon II
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar