Panglima Kodam XVII/Cenderawasih diganti

id Kapuspen TNI, Mayjen Sisriadi, pergantian Pangdam Cenderawasih, tidak terkait kerusuhan, Papua

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih diganti

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi (Puspen TNI)

Pattani, Thailand (ANTARA) - Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen  Sisriadi mengatakan bahwa Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah menunjuk putra Papua, Mayjen Herman Asaribab sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih menggantikan pejabat lama Mayor Jenderal Yosua Pandit Sembiring.

"Pergantian jabatan Pangdam Cenderawasih tidak terkait kerusuhan di Papua. Beliau (Mayjen Herman Asaribab) kan putra asli Papua, jadi ini untuk proses pendekatan dan dialog yang lebih cepat," kata Kapuspen TNI ketika dikonfirmasi dari Thailand, Selasa.

Selain itu, pergantian itu untuk meningkatkan efektivitas pendekatan kultural dalam rangka penyelesaian masalah Papua secara menyeluruh.

"Kan melakukan dialog secara konstruktif untuk keamanan di sana, sesuai dengan perintah Presiden Jokowi," jelasnya.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayor Jenderal Joppye Onesimus Wayangkau sebelumnya ditunjuk menjadi Panglima Kodam XVII/Cenderawasih sejak 14 Agustus 2019 menggantikan Mayor Jenderal Yosua Pandit Sembiring. Namun, diralat oleh Panglima TNI Marsekal  Hadi Tjahjanto berdasarkan Surat keputusan (Skep) Panglima TNI.

"Memang ada pergantian Skep dimana sebelumnya Mayjen Joppye Onesimus Wayangkau pindah dari Kodam XVIII/Kasuari ke Kodam XVII/Cenderawasih. Namun Skep 872 tersebut diralat sehingga Mayjen Joppye Onesimus Wayangkau yang putra asli Papua tetap menjabat sebagai Pangdam XVIII/Kasuari. Sementara jabatan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih dipercayakan kepada Mayjen Herman Asaribab yang sebelumnya menjabat Pangdam XII/Tanjung Pura," jelas Sisriadi.

Dengan ralat skep itu, tambah dia, maka dua perwira tinggi TNI yang berasal dari Papua menjabat panglima di Kodam Cendrawasih dan Kodam Kasuari

Sebelumnya, Pangdam Cenderawasih Mayjen Yosua Pandit Sembiring dirotasi sebagai Pa Sahli Tk. III Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI. Posisi Yosua diisi oleh Mayjen  Joppye Onesimus Wayangkau yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XVIII/Kasuari.

Dengan adanya perubahan SK dari Panglima TNI, Joppye batal menjadi Pangdam Cenderawasih menggantikan Yosua. Joppye kembali ke jabatan lama sebagai Pangdam Kasuari.

Sedangkan posisi Pangdam Cenderawasih yang kosong diisi oleh putra Papua, Mayjen  Herman Asaribab, yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam Tanjung Pura.