Buwas: Gerakan Pramuka harus berantas narkoba

id Pramuka,Arahan Budi Waseso, Kwartir Nasional,kwarnas,Mabicab,Majelis Pembimbing Cabang,Tanjung Balai

Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kota Tanjung Balai, Muhammad Syahrial saat ditemui usai acara peringatan hari ulang janji Pramuka sekaligus merayakan hari ulang tahun Pramuka ke 58 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta, Selasa (13/8/2019). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka  Budi Waseso menyampaikan bahwa gerakan Pramuka harus bisa memberantas narkoba.

"Gerakan Pramuka sedianya harus bisa memberantas narkoba yang begitu marak dan merusak generasi muda bangsa," ujar Budi dalam sambutannya dalam acara peringatan hari ulang janji Pramuka di Jakarta, Selasa.

Arahan tersebut disampaikan sekaligus dalam rangka merayakan hari ulang tahun Pramuka ke 58 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta.

Acara itu dihadiri sejumlah kepala daerah baik Gubernur, Wali kota, dan juga ketua Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang) Pramuka. Dalam acara tersebut juga ada pemberian penghargaan lencana melati kepada Mabicab yang dianggap berprestasi.

"Dengan memperingati ulang tahun Pramuka, kami sebagai Mabicab daerah kabupaten dan kota ingin menggelorakan Pramuka ini sebagai satu aset bangsa yang bisa kita lestarikan dan bisa kita jaga agar bisa lebih mencintai Indonesia sesuai cita-cita Pancasila dan UUD 1945," ujar Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Tanjungbalai Provinsi Sumatera Utara, Muhammad Syahrial di Jakarta.

Menurut Syahrial, pembentukan karakter diri sendiri dari Pramuka memiliki tatanan dan norma kehidupan bagi generasi muda yang harus dilestarikan.

"Seperti yang diinginkan pendahulu-pendahulu Pramuka yang ada di seluruh Kabupaten dan Kota agar bisa ditiru," ujar dia.

Karena Pramuka adalah lambang bangsa Indonesia yang harus dijaga kemarwahannya. Pramuka juga di bidang sosial harus bisa menjawab tantangan yang datang lewat setiap kegiatan-kegiatan untuk membantu kesejahteraan masyarakat.

"Mengenai kasus kebakaran hutan dan lahan, Pramuka juga turut berperan dalam menjaga kelestarian alam di daerah masing-masing," ujar Syahrial.

"Alhamdulillah, saya dari wali kota Tanjung Balai Provinsi Sumatera Utara mendapat penghargaan melati, saya banyak melihat ada Gubernur dan Kepala Daerah yang lain, dari BNN juga ada mendapat penghargaan," ujar dia.

Program itu memotivasi Syahrial dan pecinta Gerakan Pramuka di setiap daerah agar bisa lebih menggiatkan lagi norma-norma Pramuka ini agar bisa ditularkan ke generasi muda.

Lencana Melati itu sendiri adalah salah satu bentuk lencana jasa. Lencana jasa yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa di dalam dan di luar Gerakan Pramuka. Selain melati, ada juga lencana Dharmabakti, dan lencana Tunas Kelapa.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar