Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi meninggal

id Presiden Tunisia,Beji Caid Essebsi,Wafat,Tunisia

Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi meninggal

Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi membacakan sumpah jabatan di Majelis Konstituen, Tunis, Tunisia, Rabu (31/12). Politisi veteran Essebsi disumpah sebagai presiden Tunisia Rabu kemarin, menjadikannya presiden pertama yang dipilih secara demokratis sejak gerakan kebangkitan yang menggulingkan otokrat Zine El-Abidine Ben Ali. (REUTERS/Zoubeir Souissi)

Tunis (ANTARA) - Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi wafat pada usia 92 tahun pada Kamis.

Essebsi, yang berperan penting dalam transisi negara Afrika Utara tersebut menuju demokrasi pascarevolusi 2011, dibawa ke rumah sakit militer pada Rabu.

Pada akhir Juni Essebsi masuk rumah sakit dan dirawat selama sepekan setelah menderita yang menurut otoritas sebagai krisis kesehatan yang parah.

"Pada Kamis pagi, Presiden Republik Beji Caid Essebsi meninggal dunia di rumah sakit militer di Tunis. Upacara pemakaman akan diinformasikan nanti," menurut pernyataan Kepresidenan.

Sesuai konstitusi, ketua parlemen akan menggantikan posisi presiden untuk sementara waktu.

Essebsi menjadi tokoh terkemuka di Tunisia sejak otokrat veteran Zine El-Abidine Ben Ali digulingkan pada 2011, yang disusul oleh pemberontakan terhadap pemimpin otoriter di seluruh Timur Tengah, termasuk di Libya dan Mesir.

Sumber: Reuters