Bupati Adipati harus ada UMKM yang dapat membuat kantong belanja ramah lingkungan

id Waykanan, pemkab waykanan, bupati waykanan, bupati adipati, adipati bupati, emir

Bupati Adipati harus ada UMKM yang dapat membuat kantong belanja ramah lingkungan

Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya (Foto : Antaralampung/Emir F Saputra)

Waykanan (ANTARA) -
Bupati Waykanan, Provinsi Lampung Raden Adipati Surya mengatakan, untuk segera membentuk dan membina UMKM di Waykanan agar dapat menciptakan kantong belanja ramah lingkungan dan tidak lagi menggunakan kantong plastik. 

“Kita mulai hari ini sampai dengan selanjutnya, harus bisa membuat kantong belanja ramah lingkungan oleh pelaku UMKM di Waykanan agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan,” ujar Adipati, di Blambangan Umpu, Sabtu. 

Menurutnya, nantinya dinas terkait bisa bekerjasama dengan para UMKM yang ada untuk membuat para kantong belanja ramah lingkungan, dan diperjualbelikan kepada pedagang dan pembeli. 

“Kita tidak harus jauh-jauh ke Bandarlampung, tetapi di sini aja ada pembuatan kantong belanja ramah lingkungan. Nah inj menjadi pekerjaan rumah para pengrajin dan UMKM agar bisa menciptakan hal yang positif dan inovatif,” katanya 

Ia menjelaskan, ada empat  bahaya khusus sampah plastik bagi kelangsungan kehidupan manusia, seperti akan memicu perubahan iklim mulai dari proses produksi, konsumsi, hingga pembuangannya menghasilkan emisi karbon yang tinggi, sehingga berkontribusi terhadap perubahan kondisi iklim bumi semakin memanas.

Kantong plastik yang dibuang sembarangan bisa menyebabkan tersumbatnya selokan, termakan oleh hewan dan rusaknya ekosistem di sungai dan laut. 

Kantong plastik yang dibakar bisa menyebabkan pencemaran udara dan gangguan pernapasan. Selain itu, kantong plastik yang digunakan sebagai wadah makanan berpotensi mengganggu kesehatan manusia. Dan kantong plastik (dan jenis plastik lainnya) sulit terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang sulit diurai oleh mikroorganisme. Kantong plastik akan terurai ratusan hingga ribuan tahun kemudian.

Produksi sampah plastik memang sulit dihentikan, namun sangat mungkin untuk dikurangi terutama dengan mengubah kebiasaan kecil di rumah.