Harga Jual Bawang Merah di tingkat Petani Lampung Timur Rp12.000

id Bawang merah, lampung timur, batang hari

Harga Jual Bawang Merah di tingkat Petani Lampung Timur Rp12.000

Kepala Desa Banjar Rejo bersama wargannya memanen bawang merah. (Foto: ANTARA Lampung/Ist)

Lampung Timur (ANTARA) - Perkembangan harga komoditas pokok di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung untuk harga jual bawang merah di tingkat petani saaat ini mengalami penurunan menjadi Rp12.00 per kilogram.

"Harga bawang merah saat ini lagi turun, sekitar Rp12 ribu sampai dengan Rp15 ribu per kilogram," kata Puspito, Kepala Desa Banjar Rejo, Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur, Sabtu.

Sebelumnya, menurut pedagang sembako setempat, harga jual bawang merah sempat naik di atas Rp15.000 per kg, namun saat ini sedang mengalami penurunan harga.

Puspito menyebutkan, di Desa Banjar Rejo banyak warga yang menanam komoditas bawang merah karena lahannya cocok. Budi daya telah dimulai sejak tahun 2008.

Puspito menyatakan, komoditas bawang merah ini sudah ada yang dijadikan sebagai mata pencarian utama oleh petani warga desa ini, namun ada yang hanya sekadar usaha sampingan.

Budi daya bawang merah terus digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Timur agar semakin banyak petani yang menanamnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Lampung Timur M Yusuf HR menyebutkan petani di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Batanghari, Metro Kibang dan Sekampung  sudah banyak yang menanam bawang merah dan hasil panennya cukup menggembirakan.

Yusuf berharap bawang merah menjadi komoditas primadona baru petani di Lampung Timur.