Seoul akan rangkul Pyongyang selenggarakan Olimpaide 2032

id seoul rangkul pyongyang,olimpaide 2032,penyelenggara olimpade bersama

Seoul akan rangkul Pyongyang selenggarakan Olimpaide 2032

Logo Komite Olimpade Internasional (Foto : Net)

Itu kira-kira masih 13 tahunan lebih, dan saya pasti sudah tak menjabat wali kota tapi silakan datang saat itu nanti terjadi, katanya
Jakarta (Antaranews Lampung) - Sekalipun gelaran Olimpiade Musim Panas baru akan berlangsung tahun 2032, gegap gempitanya sudah terasa di Seoul, Korea Selatan, yang akan merangkul Pyongyang untuk penyelenggaraannya.

Wali Kota Seoul Park Won-soon di Balai Kota Seoul, Jumat (21/9) menyatakan kemantapannya untuk ikut mengajukan diri menggelar even olah raga terbesar dunia itu bersama-sama dengan ibu kota Korea Utara, Pyongyang.

"Saya sudah bertemu dengan Wali Kota Pyongyang dan berdiskusi soal ini, antara Seoul dan Pyongyang perlahan-lahan akan ada hubungan yang sistematis nantinya, salah satunya adalah menggelar Olimpiade di 2032 nanti secara bersama-sama," kata Park.

Park Won-soon menemani Presiden Korea Selatan Moon Jae-in  ke Pyongyang untuk pertemuan tingkat tinggi dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un selama tiga hari.

Selain membahas soal kerja sama dalam upayanya menggelar Olimpiade 2032, Park juga menjelaskan dalam pertemuan singkatnya dengan Kim Jong-un, Kim menyatakan kekhawatirannya soal kualitas air Sungai Taedong yang memburuk, yang mengalir melalui Pyongyang.

Tokyo akan menggelar Olimpiade Musim Panas pada 2020, lalu Paris di 2024, Los Angeles di 2028. Menurut giliran, Olimpiade akan kembali digelar di Asia pada 2032.

Sebelumnya, Korea Selatan sukses menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang pada Februari 2018. Itu menjadi awal pertemuan antara Presiden Moon dan Kim di bulan April dan Mei , juga pertemuan Kim dengan Donald Trump di Singapura Juni lalu.

Sementara Wali Kota Park yang masa jabatannya akan habis pada 2032 mengatakan akan mulai melakukan persiapan pencalonan menjadi penyelenggara Olimpiade. "Itu kira-kira masih 13 tahunan lebih, dan saya pasti sudah tak menjabat wali kota tapi silakan datang saat itu nanti terjadi," katanya.