Gempa 5,7 SR Dirasakan Warga Lampung

id Gempa di Pesawaran, Gempa di Lampung, Gempa Lampung

Gempa bumi 5,7 SR berpusat di dekat Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Kamis (10/5). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist-BMKG)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Sejumlah warga di Kota Bandarlampung mengaku merasakan getaran gempa bumi, Kamis (10/5), pukul 04.25:56 antara lain gelas berisi air bergetar dan terlihat adanya gelombang air dalam gelas.

Warga Bandarlampung lainnya merasakan getaran cukup kuat hingga jendela bergetar.

Salah satu warga juga mengaku merasakan gempa tektonik itu. "Kenceng banget getarannya lumayan lama lagi getarannya," ujar salah satu warga Bandarlampung itu pula.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan telah terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan (magnitude) 5,7 skala Richter (SR), Kamis (10/5), pukul 04.25:56 WIB, di barat daya Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Menurut BMKG, dalam penjelasan yang diterima di Bandarlampung, lokasi gempa itu pada koordinat 6.60 derajat Lintang Selatan (LS), 104.78 derajat Bujur Timur (BT), berada pada 127 km barat daya Kabupaten Pesawaran, Lampung.

BMKG menyatakan kedalaman pusat gempa 10 km, dirasakan di Kabupaten Tanggamus II SIG-BMKG (III-IV MMI/Modified Mercally Intensity), Liwa (Lampung Barat), Krui (Pesisir Barat), dan Kota BandarLampung I-II SIG-BMKG (II-III MMI).

Gempa itu juga dirasakan di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor I SIG-BMKG (I-II MMI).

Belum diperoleh informasi adanya dampak kerusakan maupun korban akibat gempa tersebut. BMKG menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan ancaman tsunami.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar