Jumlah Korban Tewas Akibat Gempa di Iran Jadi 445 Orang

id Gempa Bumi Hantam Iran, Irak, Iran

Foto yang disajikan Kantor Berita Tasnim, menunjukkan keluarga menangisi korban tewas gempa bumi di Sarpol-e-Zahab, bagian barat Iran, Senin, 13/11. (Tasnim News Agency via AP)

Teheran, Iran (Antara/Xinhua-OANA) - Jumlah korban jiwa di Iran akibat gempa bumi kuat yang mengguncang daerah perbatasan Irak-Iran sementara masih ada orang yang tertimbun di bawah reruntuhan, demikian laporan media lokal pada Senin (13/11).
        
Sedikitnya 445 orang telah kehilangan nyawa dan 7.156 orang lagi cedera akibat gempa dengan kekuatan 7,3 pada Skala Richter, kata beberapa laporan.
        
Pusat gempa berada sekitar 32 kilometer di sebelah selatan Kota Halabja di daerah pegunungan terpencil di Irak Timur, sekitar 200 kilometer di sebelah timur-laut Ibu Kota Irak, Baghdad, dan 400 kilometer di Teheran, kata United States Geological Survey (USGS).
        
Gempa bumi itu mengguncang daerah tersebut pada Ahad, sekitar pukul 21.18 waktu setempat (Senin, 07.18 WIB), ketika kebanyakan orang diduga telah berada di rumah, kata USGS.
        
Sedikitnya 14 provinsi di Iran telah dipengaruhi oleh gempa bumi tersebut, termasuk Ibu Kota Iran, Teheran. Daerah yang paling parah diguncang gempa di Iran adalah Kabupaten Qasr-e Shirin dan Sarpol-e Zahab di Provinsi Kermanshah, sekitar 20 kilometer dari perbatasan.
        
Sebanyak 30 tim Palang Merah dari seluruh negeri itu telah dikirim ke daerah yang diguncang gempa, yang beberapa bagiannya telah rusak parah.
        
Lebih dari 20 desa Iran di Provinsi Kermanshah di Iran telah rusak dan pasokan air serta listrik terganggu, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi. Jaringan jalan di daerah tersebut telah rusak.

 
Antara/Xinhua-OANA
Chaidar
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar