PBB Yakin Sipil Tewas Akibat Serangan Udara Di Afghanistan

id Afghanistan, Taliban, Pakistan

PBB Yakin Sipil Tewas Akibat Serangan Udara Di Afghanistan

Tentara Afghanistan berjalan di kawasan Chardarah Provinsi Kunduz (21/05/2015)/File ( AFP)

Kabul (Antara/Reuters) - Wakil Perserikatan Bangsa-Bangsa di Afghanistan mengatakan bahwa setidak-tidaknya, 10 warga tewas dalam serangan udara di kota Kunduz pada pekan lalu, meskipun penyelidikan militer Amerika Serikat tidak menemukan pertanda kematian warga.
        
Dalam rangkaian pesan di Twitter mereka, Misi PBB di Afghanistan mengatakan bahwa hasil wawancara dengan sejumlah korban selamat, petugas kesehatan dan lain-lain memberi alasan kuat untuk menyakini bahwa warga termasuk di antara korban serangan pada Sabtu itu.
        
"Laporan terpercaya mengatakan bahwa setidak-tidaknya 10 warga tewas dalam serangan udara di Kunduz, Afghanistan, pada 4 Nopember, berdasarkan temuan awal UNAMA," katanya.
        
Pernyataan tersebut bertentangan dengan temuan AS pada Selasa, yang mengatakan bahwa hasil penyelidikan tidak menemukan bukti kematian warga.
        
Babak itu menggarisbawahi kekurang-jelasan mengenai laporan terhadap korban di kalangan warga, yang kemungkinan semakin menonjol ketika Amerika Serikat melakukan serangan udara melawan Taliban dan kelompok pemberontak lain.

ANTARA/Reuters
Aulia/B Soekapdjo