Turki 'prihatin' soal perempuan Afghanistan dilarang kuliah

id Turki,Taliban,larangan kuliah

Turki 'prihatin' soal perempuan Afghanistan dilarang kuliah

Para anak perempuan Afganistan terlihat di sebuah jalan di Kabul, Afganistan, Selasa (10/5/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Ali Khara/aww/cfo

Ankara (ANTARA) - Turki pada Rabu menyuarakan keprihatinan mereka atas keputusan Taliban yang melarang perempuan di Afghanistan berkuliah.

"Kami sedih serta prihatin dengan larangan pendidikan bagi mahasiswi oleh (kementerian) pendidikan di Afghanistan," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki.

Pihak Kemenlu Turki menegaskan bahwa pendidikan merupakan salah satu hak asasi fundamental yang harusnya dimanfaatkan oleh semua orang tanpa diskriminasi atas dasar kesetaraan dan tidak ada seorang pun yang boleh merampas hak tersebut.

Kemenlu Turki meminta otoritas Afghanistan agar meninjau kembali keputusan tersebut dan mengambil sejumlah langkah yang diperlukan terkait hal itu.

Kementerian Pendidikan Tinggi Taliban mengumumkan larangan pendidikan universitas bagi kaum perempuan yang segera berlaku pada Selasa dan sampai pemberitahuan lebih lanjut, yang semakin menjauhkan kaum perempuan dari kehidupan publik.

Sumber: Anadolu



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Turki 'prihatin' perempuan Afghanistan dilarang kuliah