Taiwan tangguhkan ekspor-impor dengan Korut

id Taiwan, nuklir, rudal, misil, Kprea Utara, sanksi atas Korea Utara

Pekerja asing di Taiwan/file (Wang Min-wei/taipeitimes.com)

Taipei (Antara/ Reuters) - Taiwan menangguhkan ekspor minyak dan gas alam cair serta impor pakaian dan tekstil dengan Korea Utara demi mematuhi resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa, sebagai upaya menunjukkan tanggung jawabnya sebagai anggota masyarakat dunia.
        
Meski kurang berperanserta dalam keanggotaan PBB, Taiwan menunjukkan sikap dalam mengikuti aturan antarbangsa.
        
Pada 11 September, Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat meningkatkan hukuman terhadap Korut dengan memberlakukan larangan ekspor tekstil oleh negara terkucil tersebut serta membatasi impor minyak mentah.
        
Untuk melengkapi tindakan PBB tersebut, Taiwan mengatakan akan menangguhkan ekspor gas alam cair, minyak mentah dan ekspor produk minyak sulingan ke Korut sejak Selasa, kata kementerian ekonomi dalam pernyataannya.
        
Taiwan akan mengehentikan untuk sementara  impor pakaian dan tekstil khusus dari Korut, dan menambahkan bahwa perjanjian tertulis yang dibuat sebelum 11 September akan berlaku untuk impor sampai 10 Desember, selama izin khusus diperoleh dari kantor perdagangan.
        
Tindakan Taiwan itu bertujuan menghentikan uji nuklir berturut-turut Korut dan tindakannya, yang membahayakan keamanan kawasan tersebut, demikian pernyataan kementerian ekonomi.

Antara/Reuters
Devi/B Soekapdjo
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar