Prodi Fisika Itera jajaki kerja sama dengan Pusat Riset Teknologi Reaktor Nuklir BRIN

id lampung, kampus, perguruan tinggi, itera

Prodi Fisika Itera jajaki kerja sama dengan Pusat Riset Teknologi Reaktor Nuklir BRIN

Prodi Fisika Itera jajaki kerja sama dengan pusat riset teknologi reaktor nuklir brin (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Program Studi Fisika, Fakultas Sains, Institut Teknologi Sumatera (Itera), menjajaki kerja sama dengan Pusat Riset Teknologi Reaktor Nuklir (PRTRN) BRIN. Hal tersebut dilakukan melalui kegiatan sosialisasi kegiatan penelitian dan sosialisasi LPDP program BRIN antara PRTRN BRIN dengan Prodi Fisika, Itera, di Kampus Itera, beberapa waktu lalu.

Kegiatan sosialisasi tersebut menghadirkan Peneliti Pusat Riset Teknologi Reaktor Nuklir (PRTRN) BRIN, Dr. Alan Maulana dan Nanda Nagara, serta Dr. Abdul Rajak, yang merupakan Ketua KK Fisika Material dan Instrumentasi Itera. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk sharing topik riset dan penjajakan kerja sama antara Itera dan PRTRN.

Sebagai tahap awal dalam pelaksanaan kolaborasi, dilakukan sosialisasi topik riset dengan tujuan merumuskan kegiatan yang dapat dilaksanakan secara bersama-sama. Kegiatan tersebut diharapkan menciptakan kolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Alan Maulana menyampaikan materi meliputi beberapa topik riset yang dilakukan. Dr. Alan yang merupakan koordinator kelompok riset teknofisika rekator nuklir yang mengembangkan material untuk membuat struktur reaktor nuklir.

Ia menyebut, dibutuhkan tools design reaktor menggunakan komputasi dan software untuk menganalisa termodinamika reaksi, analisis sumber dan desain perisai radiasi, analisa keselamatan reaktor, analisa fisika reaktor dan data nuklir, serta analisa lainnya.

Sementara, Nanda Nagara, menyampaikan program dan fasilitas BRIN yang berkaitan dengan akademisi seperti beasiswa LPDP program BRIN yang dapat ditelusuri lebih dalam pada situs https://elsa.brin.go.id. Nanda menyampaikan penelitian di PRTRN juga berkaitan dengan finite element method, sehingga apabila ada mahasiswa yang tertarik dengan penelitian tersebut dapat bekerjasama dengan skema MBKM atau kerja praktik.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Abdul Rajak, mengenalkan profil dan kelompok keahlian dari Program Studi Fisika dan Magister Fisika secara singkat, dengan harapan adanya penelitian Dosen Fisika Itera yang beririsan dengan PRTRN BRIN. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama.

Dr. Eko Satria dari KK fisika instrumentasi mendiskusikan tentang IoT yang digunakan pada reaktor nuklir. Diharapkan dengan adanya diskusi ini, lebih banyak lagi mahasiswa yang dapat melakukan MBKM di PRTRN serta dapat bekerjasama dalam berbagai skema yang ditawarkan.

Kegiatan Sosialisasi sharing topik riset dan penjajakan kerja sama antara PRTRN BRIN dan Prodi Fisika Fakultas Sains Itera diharapkan dapat memberikan hasil kegiatan kolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian ke depannya.