Panen kopi Lampung turun

id Kopi Lampung, kopi robusta

Panen kopi Lampung turun

Buah kopi jenis robusta yang dibudidayakan petani di sentra produksi kopi Kabupaten Lampung Barat. (Foto: ANTARA LAMPUNG/Budisantoso Budiman)

Bandarlampung (Antara Lampung) - Panen kopi di Provinsi Lampung tahun ini diperkirakan turun sekitar 20 hingga 30 persen akibat intensitas musim hujan cukup tinggi pada tahun lalu.
          
"Faktor utama perkiraan turunnya panen kopi karena hujan yang cukup tinggi pada tahun lalu sehingga merontokkan bakal buah kopi," kata Mukhlis (36) petani kopi asal Kabupaten Lampung Barat, saat dihubungi dari Bandarlampung, Selasa.
          
Ia menyebutkan panen raya kopi diperkirakan sekitar bulan Juli--Agustus 2017 di Lampung Barat dan sekitarnya itu diperkirakan turun yang disebabkan musim hujan pada tahun lalu dengan intensitas cukup tinggi sehingga merusak atau merontokkan bakal buah biji kopi.
          
Namun demikian, lanjutnya, saat ini intensitas hujan di Lampung Barat dalam sebulan terakhir berkurang sehingga diharapkan biji kopi dapat tumbuh dengan baik.
          
"Mudah-mudahan hujan awal tahun hingga jelang panen tak sebesar tahun lalu," ujarnya.
          
Mukhlis mengatakan biji kopi tanaman petani di Lampung Barat saat ini sebesar biji jagung dan diharapkan bisa dipanen dalam lima hingga enam bulan mendatang.