Pemprov Lampung belum putuskan penerimaan CPNS

id kepala bkd zaini nurman, pemprov lampung, penerimaan cpns

Pemprov Lampung belum putuskan penerimaan CPNS

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung, Zaini Nurman (ist)

...Artinya, masih ada formasi tertentu yang dibuka lantaran sejumlah instansi masih sangat membutuhkan pegawai baru, kata Zaini Nurman...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung belum memutuskan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di daerah itu menyusul Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi secara resmi menyatakan moratorium rekrutmen CPNS pada 2016 terbuka dan sifatnya terbatas.

"Artinya, masih ada formasi tertentu yang dibuka lantaran sejumlah instansi masih sangat membutuhkan pegawai baru," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung, Zaini Nurman, di Bandarlampung, Senin.

Pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut, apabila untuk jumlah kebutuhan masih data yang lama, serta siap anggaran juga sudah siap baik untuk penerimaan di provinsi maupun kabupaten/kota.

Ia menyebutkan, rencananya formasi yang dibuka adalah tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan penegak hukum. Adapun tenaga kesehatan terdiri dari bidan PTT, dokter PTT, perawat, tenaga kesehatan lainnya dengan kuota yang disiapkan sekitar 42 ribu orang.

Terkait kuota yang diharapkan, Pemprov Lampung akan menyesuaikan dengan kebutuhan, dan sesuai dengan analisa beban kerja pegawai di lingkungan pemerintah daerah setempat.

"Untuk pendataan ulang kebutuhan di bidang kesehatan dan pendidikan datanya ada di kabupaten dan kota masing--masing. Kalau pendataan di kabupaten kota sudah punya datanya, tapi itu bukan wewenang kami, tapi datanya sudah siap," jelasnya.

Zaini menjelaskan, kendati pembukaan CPNS di daerah belum dapat dipastikan, BKD provinsi dan kabupaten/kota tidak merasa keberatan untuk menggelar seleksi CPNS.

"Belum ada informasi atau surat resmi ke kita. Kalau ada kita sudah siap. Bahkan Kabupaten Tanggamus dan Lampung Timur juga pernah menanyakan soal pembukaan CPNS ini dan mereka sudah menganggarkan kalau ternyata memang ada pembukaan tes CPNS tersebut," tambahnya.

Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Mutasi BKD Provinsi Lampung, Herman mengatakan untuk tenaga kesehatan di lingkungan Pemprov Lampung yaitu RSUDAM, Dinas Kesehatan, dan Rumah Sakit Jiwa Lampung, Pemprov membutuhkan 184 tenaga kesehatan yaitu 94 dokter, 59 perawat, dan 31 bidan data per 30 November 2015.

"Data itu berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja. Untuk tenaga guru semua masih wewenang kabupaten dan kota sampai nantinya dialihkan ke kita. Jadi kami tak punya data kebutuhannya," tambah Herman. (Ant)