Tanjung Sari dijadikan sentra peternakan sapi di Lampung

id kecamatan tanjung sari, sentra peternakan rakyat, wagub bakhtiar basri

...Nantinya diharapkan dari dini (Tanjung Sari, red) ada 70 ribu produksi sapi," kata Bahktiar...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Wakil Gubernur Lampung Bakhtiar Basri, Selasa, mencanangkan kawasan Kecamatan Tanjung Sari di Kabupaten Lampung Selatan sebagai sentra peternakan rakyat, khususnya ternak sapi.

Kecamatan Tanjung Sari selama ini dikenal sebagai kawasan pembibitan dan produksi sapi lokal varietas peranakan ongole atau PO,  populasi sapi di kawasan ini sebanyak lima ribuan ekor dengan jumlah peternak sebanyak 40-an kelompok.

"Nantinya diharapkan dari dini (Tanjung Sari, red) ada 70 ribu produksi sapi. Ketika nanti kabupaten lain di Lampung bisa mengikuti hal yang sama, bukan mimpi dalam 4-5 tahun kita bisa swasembada," kata Bakhtiar saat pencanangan di lapangan Kecamatan Tanjung Sari.

Saat pencanangan, perwakilan peternak di daerah tersebut membacakan deklarasi atas peresmian Tanjung Sari sebagai kawasan peternakan.

Saat ini 20 kelompok peternak di kawasan tersebut telah menjalani pembinaan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lampung Selatan.

Dengan pencanangan kawasan sebagai sentra peternakan rakyat tersebut pemerintah melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan merancang program untuk membina dan mendukung peternak, beberapa program di antaranya kerja sama dengan perguruan tinggi untuk penelitian pembibitan dan kemudahan peminjaman melalui kerja sama dengan perbankan.

Kabupaten Lampung Selatan selama ini juga dikenal sebagai salah satu sentra peternakan sapi andalan Lampung, populasi sapi di kabupaten ini sebanyak 110 ribu ekor lebih, dari jumlah tersebut sekitar 85 ribuan ekor merupakan spesies PO.

Pencanangan Kecamatan Tanjung Sari sebagai kawasan sentra peternakan rakyat merupakan salah satu upaya Lampung untuk mendukung program swasembada daging nasional, kata Wagub Lampung. (Ant)