Desa BRIlian Tanjung Kerajan optimalkan potensi desa berbasis SDG's

id lampung, desa brilian, desa, brilian, bri

Desa BRIlian Tanjung Kerajan optimalkan potensi desa berbasis SDG's

Desa Brilian Tanjung Kerajan optimalkan potensi desa berbasis SDG’s. ANTARA/HO

Alhamdulillah hingga saat ini masih terus berjalan beriringan, antara BUMDes dengan kegiatan UMKM masyarakat.

Bandarlampung (ANTARA) - Desa Tanjung Kerajan, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah, merupakan salah satu desa yang terpilih sebagai pemenang utama Program Desa BRILian 2022.

Desa BRILian merupakan program pemberdayaan desa oleh BRI yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa.

Melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul serta semangat kolaborasi, Program Desa BRILian dapat mengoptimalkan potensi desa berbasis Sustainable Development Goals (SDG's).

Inovasi masyarakat Desa Tanjung Kerajan dalam menggerakkan roda ekonomi menjadi hal yang menginspirasi desa-desa sekitarnya.

Tanjung Kerajan merupakan desa pemekaran dari Desa Tanjung Harapan yang berlokasi strategis dengan mayoritas penduduk bekerja di sektor pertanian. Dengan luas wilayah 364 ha dan berpenduduk 2.044 jiwa ini, Desa Tanjung Kerajan mendirikan BUMDes Tanjung Mitra Mandiri pada 2017 sebagai bentuk optimalisasi potensi desa dan mendorong peningkatan perekonomian warganya.

BUMDes Tanjung Mitra Mandiri mempunyai sejumlah unit usaha yang dikelola. Mulai dari Jasa Keuangan melalui Agen BRILink dan Pengelolaan Air Bersih (Pamsimas) yang telah menjalankan sistem pembayaran dengan menggunakan aplikasi Stroberi Tagihan dan BRImo. Ada juga unit usaha Sewa Peralatan Acara, seperti tarup, dekor, foto digital, hingga video shooting.

"Alhamdulillah hingga saat ini masih terus berjalan beriringan, antara BUMDes dengan kegiatan UMKM masyarakat," ujar Jumadi, Kepala Desa Tanjung Kerajan, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah, belum lama ini.

Jumadi mengatakan, BUMDes Tanjung Mitra Mandiri, mengoptimalkan potensi alam yang ada dalam masyarakat. Dari sisi pertanian, misalnya, Tanjung Kerajan membudidayakan padi, jagung, dan singkong.

Kemudian di sektor perkebunan, ada perkebunan kelengkeng dan jeruk. Lalu sektor perikanan ada peternakan ikan lele, ikan nila, dan ikan gurame.

"(Ada juga) Peternakan sapi dan kambing. Potensi Ekonomi terdiri dari Industri Kecil Rumahan BUMDes dan Kelompok Tani e-Samdes," ujar Jumadi.

Sementara itu, potensi budaya terdiri dari Seni Jaranan, Bersih Desa, Perguruan Pencak Silat, dan Grup Seni Marawisan. Terakhir ada potensi wisata yang terdiri dari Taman Bermain Desa Tanjung Kerajan.

BUMDes Tanjung Mitra Mandiri juga melakukan pengembangan dan pemasaran produk unggulan desa, di antaranya UMKM Kerajinan Tangan dan Makanan Ringan Desa Tanjung Krajan.
Baca juga: Desa BRILian Trimulyo suguhkan keindahan pariwisata di atas awan
Baca juga: Desa Kelawi Desa BRILiaN Hijau terkenal dengan bank sampah