Kapolres Pesisir Barat pantau pelaksanaan PSU di TPS Pekon Tanjung Rejo Bengkunat

id Pesisir Barat ,Pemungutan suara ulang ,Polisi

Kapolres Pesisir Barat pantau pelaksanaan PSU di TPS Pekon Tanjung Rejo Bengkunat

Suasana saat Kapolres Pesisir Barat, Lampung, AKBP Alsyahendra memantau jalannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk calon presiden atau wakil presiden di TPS 01 Pekon (Desa) Tanjung Rejo, kecamatan Bangkunat, Minggu (18/02/24). (ANTARA/HO/Humas Polres Pesisir Barat)

Pesisir Barat (ANTARA) - Kapolres Pesisir Barat, Lampung, AKBP Alsyahendra melaksanakan pengamanan dan pengawalan Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk calon presiden atau wakil presiden di TPS 01 Pekon (Desa) Tanjung Rejo, Kecamatan Bangkunat, Minggu.

Kegiatan pemantauan tersebut guna memastikan keamanan dan pengawalan jalannya PSU di TPS itu. PSU ini dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu Pesisir Barat karena ada dua orang pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, DPTb, dan DPK ikut memilih.

"Kami Polres Pesisir Barat melakukan pengawalan dari gudang logistik KPU ke TPS 01 Tanjung Rejo kecamatan Bangkunat," kata Kapolres Pesisir Barat, Lampung, AKBP Alsyahendra, Minggu.

Kemudian pihaknya juga melakukan pengamanan di TPS dan setelah selesai pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS, Pihak kepolisian kembali melakukan pengawalan pergeseran logistik dari TPS menuju ke Kantor PPK Bangkunat."

Dalam pengamanan dan pengawalan ini Polres Pesisir Barat menerjunkan 15 Personil dan dibantu oleh personil BKO Polda Lampung dan personil TNI dalam melaksanakan pengamanan PSU di TPS 01 Tanjung Rejo.

Ia menjelaskan, sebelum pelaksanaan PSU, pihak kepolisian juga telah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu terkait pengamanan yang akan dilakukan.

Kapolres mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik penyelenggara, pemerintah daerah dan masyarakat yang telah terlibat dalam menjaga keamanan Pemilu 2024. Sebab tanpa dukungan, partisipasi semua pihak, pesta demokrasi tidak akan berjalan lancar seperti yang diharapkan.

Untuk diketahui, pelaksanaan pengamanan itu dipimpin langsung oleh Kapolres Pesisir Barat, AKBP Alsyahendra, didampingi oleh Kabag SDM AKP Ono Karyono, Kapolsek Bengkunat AKP Zulkifli, Kasat Narkoba AKP Jepri Syaifullah, dan Kasat Samapta AKP Firdaus.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar  nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Baca juga: KPU Pesisir Barat distribusikan logistik 3T pakai 18 ojek

Baca juga: KPU Pesisir Barat mulai distribusikan logistik ke daerah terpencil Bengkunat

Baca juga: KPU Pesisir Barat distribusikan logistik pemilu gunakan gerobak sapi