Seribu Wartawan Liput Peringatan 60 Tahun KAA

id Peringatan KAA

Jakarta (ANTARA Lampung) - Panitia Penyelenggara Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika hanya bisa menampung dan mengakomodasi 1.000 jurnalis dari dalam dan luar negeri karena keterbatasan sarana dan prasarana pendukung.

"Kami meminta maaf karena media center amat sangat terbatas," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Freddy H. Tulung dalam press briefing KAA 2015 di Kantor Kemenkominfo Jakarta, Selasa (14/4).

Freddy mengatakan fasilitas media center di Jakarta, yang mengambil tempat di Exhibition Hall B, Jakarta Convention Center, bisa menampung sebanyak 1.000 jurnalis, sementara di Bandung, yang terbagi di empat titik, hanya bisa mengakomodasi sebanyak 600 jurnalis.

Sedangkan jumlah jurnalis yang mendaftar jauh di atas kapasitas yaitu mencapai 1.314 jurnalis yang berasal dari 264 media, jumlah itu belum termasuk media delegates.

"Bahkan ada satu media yang mendaftarkan 84 orang untuk peliputan. Apa iya perlu sebanyak itu," ujar Freddy lagi.

Setelah diusut, ternyata pihak media tidak hanya mendaftarkan jurnalisnya, tetapi juga teknisi dan sopirnya.

Kominfo, oleh karena itu, mengupayakan menghubungi media-media yang dianggap terlalu banyak mendaftarkan jurnalisnya, dan hingga saat ini sudah ada sekitar 800 jurnalis yang telah disetujui oleh Kominfo untuk melakukan peliputan KAA 2015 di Jakarta dan Bandung.

Pembatasan jumlah peliput KAA juga disebabkan oleh faktor keamanan dan keselamatan para jurnalis, seperti misalnya untuk menghindarkan desak-desakan karena luas tempat yang kurang memadai.

Media Center di Exhibition Hall B JCC, Jakarta akan beroperasi dari tanggal 22-23 April dari jam 07:30-21:00 WIB.

Sebanyak 250 komputer All-in-One dan 250 koneksi LAN disediakan di Media Center Jakarta dengan sambungan internet mencapai 2 Gbps.

Tempat parkir untuk kendaraan para jurnalis disediakan di area parkir Gedung TVRI, "jadi hanya boleh 'drop' saja di JCC" kata Freddy.

Sedangkan sejumlah media center di Bandung akan mengakomodasi para jurnalis pada tanggal 24 April dari pukul 06:00-18:00 WIB.

Media Center di Bandung tersebar di empat titik, yaitu di Gedung PGN, Jalan Braga Panjang; Hotel Ibis-Style Braga, di Jalan Braga Pendek; Gedung New Majestic, bersebelahan dengan Gedung Merdeka; dan Gedung Kimia Farma.

Plenary Session akan tertutup bagi para awak media sehingga pihak penyelenggara akan menggunakan "host broadcaster" dan "host photographer" untuk menyediakan materi berita kepada jurnalis.

Kominfo juga menyediakan 10 bus bagi 200 jurnalis yang akan menuju ke Bandung dari Jakarta untuk melakukan peliputan.

Sepuluh bus akan diberangkatkan pada pukul 04.30 WIB dari Jakarta, mengingat para jurnalis diharuskan sampai di area peliputan KAA selambat-lambatnya pukul 06.30 WIB.

Peringatan 60 tahun KAA akan berlangsung dari 19--24 April. Pada 19 April akan dilangsungkan pertemuan pejabat tinggi (SOM) di Jakarta dan Pertemuan Tingkat Menteri pada 20 April.

Sedangkan Konferensi Tingkat Tinggi KAA akan berlangsung di Jakarta pada 22--23 April.

Rangkaian peringatan 60 tahun KAA akan berakhir pada 24 April di Bandung, ditandai para kepala negara akan melakukan historical walk dari Hotel Savoy Homman ke Gedung Merdeka.

KTT KAA tahun ini diharapkan menghasilkan tiga dokumen yaitu Bandung Message, Deklarasi Penguatan Kemitraan Strategis Asia dan Afrika (NAASP) dan deklarasi mendukung kemerdekaan Palestina.