GN-OTA Lampung Santuni 120 Yatim Piatu Waykanan

id GN-OTA Lampung Santuni 120 Yatim Piatu Waykanan

Waykanan (ANTARA LAMPUNG) - Gerakan Nasional Orang Tua Asuh atau GN-OTA Provinsi Lampung yang diketuai Ida Novianthy akan menyantuni 120 anak yatim piatu di Kabupaten Waykanan, sebagai wujud tanggung jawab dan kepedulian sosial.

"Acara tersebut berlangsung di rumah dinas Wakil Bupati Raden Nasution Husin sekaligus buka puasa bersama," ujar Ketua GN-OTA Kabupaten Waykanan Lampung Farida Aryani, di Waykanan, sekitar 220 km sebelah utara Kota Bandarlampung, Jumat (2/8).

Namun, istri Sekdakab Waykanan Bustam Hadori itu mengharapkan, kegiatan tersebut tidak dipolitisasi karena murni gerakan sosial.

"Mohon untuk tidak dipelesetkan dan dibawa ke konteks politik, karena kegiatan ini adalah kegiatan bersedekah untuk anak yatim piatu," ujar Farida.

Berdasarkan petunjuk teknis, jabatan ketua harian GN-OTA dipegang oleh istri sekretaris daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota.

Ida Novianthy adalah istri Sekdaprov Lampung Berlian Tihang yang juga bakal calon gubernur Lampung 2014-2019.

Sekretaris Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi sekaligus Sekretaris GN-OTA setempat M Yazid Zakaria mejelaskan setiap anak yatim piatu yang disantuni per kecamatan rata-rata 20 orang.

"Di Kecamatan Blambanganumpu, Rebangtangkas, Kasui, Negeribatin, dan Baradatu masing-masing 20 anak," ujarnya.

Anak yatim piatu yang sudah ada sementara ini 500 orang, sehingga GN-OTA Waykanan mengajak siapa pun untuk mau peduli dan berbagi guna menciptakan masa depan lebih baik bagi anak-anak itu melalui pendidikan.

"Bagi yang berminat menjadi orang tua asuh, bisa menyediakan Rp250.000 per tahun untuk anak yang bersekolah di sekolah dasar, dan Rp300.000 per tahun untuk pelajar sekolah Menengah Pertama," ujar Yazid.