Agus Martowardojo Mundur sebagai Menkeu

id Agus Martowardojo Mundur sebagai Menkeu

Jakarta (ANTARA LAMPUNG) - Agus Martowardojo resmi mengundurkan diri sebagai Menteri Keuangan, setelah melakukan serah terima jabatan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa sebagai pelaksana tugas.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pimpinan dan jajaran Kementerian Keuangan atas kerjasama dan komitmen dalam mencapai visi," kata Agus saat memberikan sambutan dalam serah terima jabatan di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (22/4).

Hadir dalam acara tersebut Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Wakil Menteri Keuangan I Anny Ratnawati,Wakil Menteri Keuangan II Mahendra Siregar dan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krishnamurti.

Hadir pula Ketua Komisi XI DPR RI Emir Moeis, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman Hadad, Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Sekretaris Menko Perekonomian Edy Abdurrahman dan para pejabat Kementerian Keuangan.

Agus yang menjabat sebagai Menteri Keuangan selama hampir tiga tahun, mengharapkan jajaran pegawai Kementerian Keuangan terus meningkatkan kinerja dan integritas dalam mengamankan penerimaan negara.

Ia juga menginginkan adanya upaya untuk menjaga angka pertumbuhan ekonomi dan defisit anggaran, apalagi berdasarkan proyeksi beberapa lembaga multilateral, kondisi perekonomian global masih mengalami perlambatan.

"Marilah tetap menjaga integritas, profesionalisme dan sinergi dalam menjaga fiskal yang telah terjalin dengan baik," kata Gubernur Bank Indonesia terpilih ini.

Agus mengatakan telah mengadakan pertemuan koordinasi dengan Hatta Rajasa sebagai pelaksana tugas menteri keuangan, untuk memastikan masa transisi kewenangan di Kementerian Keuangan berjalan lancar.

"Kami sangat berbesar hati dan mengupayakan agar tidak terjadi transisi yang tidak berjalan optimal," katanya.

Penugasan Hatta Rajasa sebagai pelaksana tugas Menteri Keuangan tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 45/M Tahun 2013 yang ditandatangani Presiden pada Jumat (19/4).

Salinan Keppres mengenai penugasan kepada Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa telah disampaikan kepada para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II.

Sementara, melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 44/M Tahun 2013, yang ditandatangani Presiden pada Rabu (17/4), memberhentikan Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan pada KIB II.

Melalui Keppres tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasa Agus Martowardojo selama memangku jabatan sebagai Menteri Keuangan pada KIB II periode 2009-2014.

Salinan Keppres pemberhentian Agus Martowardojo telah disampaikan kepada Ketua MPR RI, Ketua DPD RI, Ketua BPK, Ketua Mahkamah Agung (MA), Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), pada menteri KIB II, dan para pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian.

Agus Martowardojo terpilih sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018 menggantikan Darmin Nasution yang habis masa jabatannya pada Mei mendatang.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini terpilih melalui hasil penghitungan suara atau voting secara tertutup di Komisi XI DPR RI pada Selasa (26/3). Saat itu sebanyak 46 anggota menyatakan setuju, tujuh orang menolak dan satu abstain.
    

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar