BKKBN Bentuk Forum Pemuda Sosialisasikan Generasi Berencana

id logo bkkbn,

BKKBN Bentuk Forum Pemuda Sosialisasikan Generasi Berencana

Ilustrasi logi KB ( FOTO ANTARA/Saptono)

...Melalui Forum GenRe ini BKKBN dapat memberikan pengetahuan mengenai GenRe maupun program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, kata Kusmana...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) membentuk forum pemuda untuk mensosialisasikan program Generasi Berencana sekaligus sebagai tempat "curhat" sesama teman sebaya dalam menyelesaikan masalah.

"Survei menunjukkan mayoritas remaja menyampaikan keluhan permasalahannya kepada teman sebayanya. Maka peran Forum GenRe memberikan solusi dan jalan keluar bagi remaja yang mengalami masalah, sekaligus mensosialisasikan program GenRe di masyarakat Kalbar," kata Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat Kusmana dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (7/5).

Kusmana menjelaskan BKKBN Kalimantan Barat terus menerus memberikan pembekalan berbagai materi seperti program Generasi Berencana atau GenRe, pendewasaan usia perkawinan, kesehatan reproduksi remaja, delapan fungsi keluarga dan teknik-teknik konseling untuk membantu remaja dalam mengatasi permasalahannya.

"Melalui Forum GenRe ini BKKBN dapat memberikan pengetahuan mengenai GenRe maupun program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga," kata dia.

BKKBN Kalbar menunjuk salah satu mahasiswa berprestasi bernama Nordianto sebagai Ketua Forum GenRe Kalbar sekaligus Ketua Forum GenRe Nasional. Nordianto juga merupakan Duta Wisata Nasional 2017.

Salah satu permasalahan di Provinsi Kalimantan Barat ialah menekan angka 104 per 1000 kelahiran kelompok umur 15-19 tahun di Kalbar.

Menurut Kusmana, maraknya kasus kenakalan remaja, hubungan seks pranikah maupun kasus remaja yang melahirkan di Kalimantan Barat berdampak pada ancaman hilangnya masa depan remaja itu sendiri.

Kusmana berharap Ketua Forum GenRe dapat mempromosikan objek wisata yang ada di Kalimantan Barat, selain dapat menjadi contoh menjadi seorang duta yang berkontribusi nyata dan menjadi inspirasi remaja di Indonesia. (Ant)