Forum Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Pesisir Barat resmi dikukuhkan

id bkkbn, pesisir barat, stunting, genre

Forum Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Pesisir Barat resmi dikukuhkan

Forum Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Pesisir Barat resmi dikukuhkan (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) -
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Kabupaten Pesisir Barat membentuk organisasi remaja Forum Generasi Berencana (GenRe) setempat, guna meningkatkan partisipasi remaja dalam Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana),

Organisasi ini bertujuan untuk mengajak generasi muda untuk ikut mempromosikan larangan menikah di bawah umur, penggunaan napza dan seks pra nikah melalui beberapa kegiatan yang bermanfaat. Pengukuhan Forum GenRe Pesisir Barat berlangsung di Aula Gedung A Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat pada 12 Desember 2023. 

 
Kepala Dinas P3AKB dr. Budi Wiyono secara simbolis mengukuhkan Forum Genre dengan menyematkan nametag kepada Ketua Forum Genre Pesisir Barat, Rahma Febryanto, dan wakilnya, Azzahra Ramadhani.

Acara pengukuhan juga dihadiri oleh Forkompimda, Asssiten II Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Zukriami, Kepala OPD lintas sektor, Kabid KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Intan Anisa Fitri, dan Ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Kabupaten Pesisir Barat Yessi Marga Safitri. 

Kabid KSPK BKKBN Lampung, Intan Anisa Fitri mengatakan, percepatan penurunan stunting merupakan fokus pemerintah dan menjadi program prioritas nasional. Kabupaten Pesisir Barat berkomitmen untuk mendukung program pemerintah tersebut, salah satunya dengan melibatkan remaja dalam pencegahan terjadinya risiko stunting.

“Pemahaman stunting bisa dimulai sejak dini, sejak usia remaja atau calon pengantin, sehingga anak yang dilahirkan bisa terhindar dari bahaya stunting,” ujarnya, Senin. 

Intan berharap, melalui Forum GenRe, remaja di Kabupaten Pesisir Barat dapat menyiapkan kehidupan berkeluarga dengan pendewasaan usia perkawinan. 

"Semoga nantinya para remaja ini mampu mengenyam pendidikan secara terencana, berkarier/bekerja dengan terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi," tambah Intan. 

Intan menambahkan, Forum GenRe yang merupakan wadah kolaborasi dan koordinasi remaja diharapkan dapat menjadi wadah komunikasi yang bersifat dinamis, aspiratif dan integratif. 

"Dengan demikian organisasi ini dapat membantu mengembangkan kapasitas anggotanya sehingga mampu menjadi SDM yang berkualitas dan berdaya saing," pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, selain menampilkan jingle dance Berencana Itu Keren, Forum GenRe juga memberikan materi workshop dengan tema Pencegahan dan Percepatan Penurunan Stunting.  Pembagian bantuan sosial kepada keluarga berisiko stunting yang secara simbolis diserahkan oleh Asisten 2 Kabupaten Pesisir Barat, hasil kerja sama antara DPD IPeKB Lampung, DPC IPeKB Pesisir Barat dan Forum GenRe Kabupaten Pesisir Barat.