Wali Kota Bandarlampung Optimistis Siswa Lulus UN

id wali kota tinjau unbk smp 16

Wali Kota Bandarlampung Optimistis Siswa Lulus UN

Wali Kota Bandarlampung Herman HN (berpeci) saat meninjau salah satu SMP pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), di Bandarlampung, (2/5) (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

...Saya harapkan dapat mengikuti ujian dengan baik, khususnya siswa yang mengikuti UNBK, kata Herman...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Wali Kota Bandarlampung Herman HN optimistis siswa SMP sederajat yang mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan UN kertas dan pensil (UNKP) tahun 2017 lulus 100 persen.

"Saya harapkan dapat mengikuti ujian dengan baik, khususnya siswa yang mengikuti UNBK," kata Herman, usai meninjau beberapa SMP pelaksana UNBK, di Bandarlampung, Selasa.

Dia mengatakan, dari dua sekolah yang ditinjau yakni SMPN 16 Bandarlampung dan SMPN 1 Bandarlampung seluruhnya berjalan dengan baik.

Dua sekolah itu termasuk melaksanakan UNBK tidak ada kendala, dengan total ada 10 sekolah yang melaksanakan UNBK di Bandarlampung.

Menurut Herman, kebocoran soal dalam UN tahun ini dapat dipastikan tidak ada, karena pengawasan pada setiap sekolah sangat ketat.

"Kebocoran soal untuk tahun ini tidak ada, siswa benar-benar harus berpikir, apalagi menggunakan dengan komputer," kata dia pula.

Dia mengharapkan, sebelumnya para siswa peserta UN itu telah belajar dengan giat, mengingat para peserta ujian nasional itu harus berpikir secara keras.

Menurutnya, untuk sekolah di Kota Bandarlampung baru bisa 10 sekolah yang menerapkan UNBK, dan sisanya masih UNKP.

"Kami belum bisa menerapkan UNBK secara keseluruhan, karena terkendala pendanaan," kata dia pula.

Menurutnya, untuk sekolah yang belum melaksanakan UNBK, pengawasannya harus bisa lebih diperketat, agar nilai yang dihasilkan para siswa itu mutlak dari hasil kerja kerasnya.

Peserta UN SMP sederajat di Kota Bandarlampung tahun ini sebanyak 16.902 siswa, dengan peserta UNBK sebanyak 3.765 siswa dan peserta UNKP 13.137 siswa.

UN hari pertama mengujikan pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris, dan hari terakhir IPA.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung Daniel Marsudi mengatakan sejauh ini 10 sekolah yang melaksanakan UNBK berjalan dengan lancar.

"Kami belum menerima laporan hambatan pelaksanaan UNBK maupun UNKP, sejauh ini berjalan lancar," kata dia pula.

Disdik Kota Bandarlampung juga mendirikan posko pengaduan jika ada yang menemukan kecurangan atau masalah bisa melaporkannya.(Ant)