Selasa, 26 September 2017

Presiden Hadiri Puncak Hari Ibu di Banten

id presiden dan hari ibu 2016, joko widodo, peringatan hari ibu
Presiden Hadiri Puncak Hari Ibu di Banten
Presiden Joko Widodo memberi sambutan pada acara peringatan Hari Ibu ke-88 di Curug, Serang, Banten, Kamis (22/12). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/pd/16)
...Ada delapan wilayah di Banten dan empat wilayahnya yaitu bupati dan walikotanya adalah perempuan. Hari Ibu di sini nggak keliru, kata Presiden...
Serang  (ANTARA Lampung) - Presiden Joko Widodo menghadiri puncak peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-88 tahun 2016 yang dilaksanakan di halaman Masjid Raya Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Kamis.

Acara yang dilaksanakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak itu ditujukan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia serta menghilangkan diskriminasi terhadap kaum perempuan.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Hadir juga Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Plt Gubernur Banten Nata Irawan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Walikota Bandung Ridwan Kamil, serta ratusan tamu undangan, sebagian besar kaum ibu.

Tema acara peringatan Hari Ibu ini adalah "Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki untuk Mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan".

"Perayaan Hari ibu dapat mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan, dan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan serta dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan yang dimiliki," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise.

Yohana berharap, dengan kegiatan PHI ke 88 tahun 2016 dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki pada setiap aspek kehidupan baik dikeluarga, masyarakat maupun bangsa dan negara untuk mewujudkan indonesia yang berdaulat mandiri dan kepribadian berlandasan gotong royong.

"Saat ini terbukti bahwa perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara mampu menjadi motor penggerak dan motor perolubahan serta momentum bagi para perempuan indonesia untuk terus berkarya dan berinovasi serta turut dalam seluruh proses pembangunan," kata Yohana.

Sementara itu Presiden Joko Widodo mengatakan, memiliki alasan tersendiri kenapa peringatan Hari Ibu tahun ini digelar di Provinsi Banten, karena ada empat kepala daerah perempuan baik Bupati maupun Walikota di Banten.

"Ada delapan wilayah di Banten dan empat wilayahnya yaitu bupati dan walikotanya adalah perempuan. Hari Ibu di sini nggak keliru," kata Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengabsen satu persatu ke empat kepada daerah perempuan di Banten tersebut, yaitu Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rahmi Diani. (Ant)

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga

Generated in 0.0084 seconds memory usage: 0.47 MB