Pemprov Lampung kembangkan kawasan kota terpadu mandiri

id Asbid kesra, Setprov Lampung, Elya Muchtar, provinsi lampung

Pemprov Lampung kembangkan kawasan kota terpadu mandiri

Asisten Bidang Kesra Pemprov Lampung Elya Muchtar (FOTO:ANTARA Lampung/Ist)

...Pembangunan kota terpadu mandiri berada di wilayah Way Tuba, Rawapitu, dan Mesuji Timur, yang merupakan kawasan transmigrasi, ujar Elya...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung melakukan pengembangan pembangunan kota terpadu mandiri sebagai kawasan potensial dengan basis pedesaan sebagai pusat pertumbuhan.

"Selain itu, pengembangannya juga di transformasikan menjadi kota yang berbasis pertanian dan menjadi pusat layanan jasa kegiatan sosial serta ekonomi termasuk administrasi pemerintahan di wilayah tersebut dan sekitarnya," kata Asisten Bidang Kesra Setprov Lampung, Elya Muchtar di Bandarlampung, Rabu.

Ia menyebutkan, pembangunan kota terpadu mandiri berada di wilayah Way Tuba, Rawapitu, dan Mesuji Timur, yang merupakan kawasan transmigrasi.

Menurutnya, pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi itu merupakan tindak lanjut perwujudan dari cita-cita pembangunan nasional. "Pembangunan kawasan tersebut untuk menunjukkan keberhasilan yang menggembirakan meskipun sebagian masih perlu ditingkatkan bahkan memerlukan program rehabilitasi," ujarnya.

Ia menjelaskan, program pengembangan kawasan transmigrasi yang dilaksanakan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat menciptakan sinkronisasi percepatan pembangunan daerah, terutama daerah tertinggal dan kawasan transmigrasi.

Elya Muchtar juga mengapresiasi kepada Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Transmigrasi pada Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi yang telah mengalokasikan anggaran tugas pembantuan APBN tahun 2016 kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung, Kabupaten Waykanan, Tulangbawang dan Mesuji.

"Saya berharap hal ini dapat menjadi bagian dari upaya mendorong percepatan pembangunan daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan serta perekonomian masyarakat di Provinsi Lampung," ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumiyati Somad menyebutkan bahwa pihaknya akan mengembangkan pemukiman dan pemberdayaan masyarakat transmigrasi yang mampu tumbuh dan berkembang secara mandiri dan berkelanjutan sehingga terbentuk pusat-pusat produksi dan perekonomian.

Selain itu, juga untuk mempercepat pertumbuhan wilayah dengan mempertahankan kelestarian lingkungan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pihaknya juga berharap jajaran unit kerja yang terkait dapat melaksanakan kegiatan dalam perencanaan dan pengendalian program pengentasan kemiskinan.

"Kami juga melakukan berbagai kegiatan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembinaan dan pemberdayaan warga transmigrasi serta meningkatkan pendapatan masyarakat di lokasi pemukiman transmigrasi," jelasnya. (Ant)