Menhan: Pancasila kultur Indonesia

id menhan pancasila sakti, kultur indonesia, menteri pertahanan, ryamizard ryakudu

Menhan: Pancasila kultur Indonesia

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

...Pancasila adalah kultur kita, rahmat dari Allah, kata Ryamizard...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan Pancasila sebagai ideologi bangsa lahir dari kultur masyarakat Indonesia.

"Pancasila adalah kultur kita, rahmat dari Allah," kata Ryamizard saat silaturahim bersama warga Nahdlatul Ulama di Jakarta, Senin (6/6).

Dia mengatakan di dunia ini ada lima paham, yaitu liberal kapitalis, sosialis, komunis, radikal, dan Pancasila.

"Ideologi yang lain bersifat lahiriah dan Pancasila bersifat batiniah. Bagi kita Pancasila adalah harga mati," kata dia.

Untuk mejaga keutuhan Pancasila, pemerintah ingin menggalakkan pendidkan bela negara.

Menurut Ryamizard, bela negara harus dimulai sejak di bangku pendidikan dasar.

"Kita akan bekerja sama dengan kementerian lain untuk menanamkan nilai Pancasila sejak bangku sekolah dasar. Saya juga minta peloncoan di sekolah harus dihapus, dan diganti dengan bela negara," kata dia.

Bela negara, katanya, dapat menangkal paham-paham yang tidak sejalan dengan Pancasila.

Presiden Joko Widodo telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

Presiden menandatangani keputusan tentang penetapan 1 Juni sebagai hari libur nasional usai menyampaikan pidato pada peringatan Pidato Bung Karno.

Presiden RI Ke-5 Megawati Soekarnoputri mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan dan Presiden Jokowi karena telah menjadikan 1 Juni sebagai Hari Lahirnya Pancasila.

"Atas nama keluarga besar Bung Karno, saya putri pertamanya, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko widodo dan pemerintah. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah berjuang bersama-sama menjadikan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila terutama sekali kepada seluruh rakyat Indonesia," kata Megawati Soekarnoputri.

Dia mengatakan untuk menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila adalah suatu upaya untuk membangkitkan keinsyafan dan kesadaran nasional bangsa Indonesia. (Ant)