BI siapkan Rp3,5 triliun untuk penukaran uang

id kepala kantor perwakilan, bank indonesia, m. emil akbar, ekonomi lampung, tumbuh

BI siapkan Rp3,5 triliun untuk penukaran uang

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung, M Emil Akbar, (FOTO:ANTARA Lampung/ist)

...Kami siapkan sebesar itu untuk penukaran uang selama bulan Ramadhan dan jika kebutuhan meningkat akan ditambah lagi, kata Emil Akbar...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung menyiapkan uang kartal sebesar Rp3,5 triliun untuk layanan penukaran uang selama bulan Ramadhan 2016.

"Kami siapkan sebesar itu untuk penukaran uang selama bulan Ramadhan dan jika kebutuhan meningkat akan ditambah lagi," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung, M Emil Akbar, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan, jumlah penukaran uang pada tahun ini diperkirakan hampir sama seperti tahun lalu sehingga BI Perwakilan Provinsi Lampung menyiapkan uang sebanyak Rp3,5 triliun.

Uang tunai tersebut, lanjutnya, akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang di masyarakat, serta memenuhi kebutuhan mitra perbankan seperti mengisi mesin anjungan tunai mandiri.

Menurutnya, BI Lampung menyiapkan semua uang kertas pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, Rp1.000. Termasuk uang logam hingga pecahan terkecil.

"Uang logam juga kami siapkan berapapun kebutuhan masyarakat," katanya.

Emil menjelaskan, khusus untuk penukaran uang untuk masyarakat, dilihat dari animo sebelumnya, maka BI paling banyak menyiapkan pecahan Rp20 ribu ke bawah.

Ia menjelaskan, layanan penukaran uang pada tahun ini tidak hanya sebatas dilakukan di BI ataupun bank-bank saja. Namun demikian BI Lampung akan mengoperasikan kendaraan bank keliling.

"Beberapa tempat yang sulit masyarakat untuk menjangkau perbankan di Lampung, kendaraan bank keliling akan hadir di sana," ujarnya pula.

Ia menambahkan, tidak ada batasan bagi masyarakat untuk menukarkan jumlah uang. "Berapapun permintaan uang akan kami layani," jelasnya.  (Ant)