Iran Kecam Serangan Arab Saudi

id Konflik Yaman,Iran Kecam Serangan Arab Saudi

Teheran (Antara/Xinhua-OANA) - Pemimpin Spiritual Iran Ali Khamenei pada Rabu (6/5) mencap pemboman pimpinan Arab Saudi terhadap kelompok Syiah Yaman, Al-Houthi, sebagai agresi yang tak bisa dibenarkan terhadap negeri itu, dan mencaci dukungan Washington.
        
"Pemerintah Arab Saudi 'sibuk membunuhi orang yang tak bersalah dan perempuan dan anak-anak di Yaman' tanpa pembenaran apa pun dan hanya berdasarkan dalih bahwa rakyat Yaman tak menerima seseorang sebagai presiden," kata Khamenei, yang dikutip Press TV.
        
Amerika Serikat juga mendukung "kejahatan besar ini", dan pada saat yang sama mereka menuduh Iran --yang mengirim bantuan medis dan makanan buat rakyat Yaman, kata Khamenei.
        
Arab Saudi menuduh Iran mempersenjatai dan mendanai petempur Al-Houthi, tapi Teheran membantah tuduhan itu.
        
Rakyat Yaman "tak memerlukan senjata dari Iran sebab mereka menguasai semua pangkalan militer di negeri mereka", kata Khamenei sebagaimana diberitakan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi.

Pemimpin Spiritual Iran tersebut menambahkan kebutuhan paling mendesak rakyat Yaman ialah bantuan kemanusiaan, yang tak bisa mereka terima akibat blokade yang diberlakukan atas negara itu.