Pemudik "Menumpuk" di Pelabuhan Bakauheni Lampung

id Pemudik Menumpuk di Pelabuhan Bakauheni Lampung

Bakauheni, Lampung Selatan (ANTARA LAMPUNG) - Ribuan pemudik yang datang dari Pulau Jawa tujuan Sumatera menumpuk di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung Selatan, akibat kekurangan armada bus menuju Terminal Induk Rajabasa Bandarlampung.

Kondisi di Pelabuhan Bakauheni Lampung, Sabtu (26/7), menunjukkan, para pemudik yang baru tiba memadati pelabuhan penyeberangan tersebut sejak pagi hari.

Para penumpang banyak tidak terangkut bus pada pagi hari menjelang siang, karena membludak kedatangan pemudik yang terus bertambah, sehingga bus yang disiapkan tidak mampu mengangkut keseluruhan penumpang.

Salah seorang penumpang Yunia (25) mengatakan, para penumpang yang turun dari kapal itu tidak kebagian bus sehingga menunggu di areal parkir terminal pelabuhan tersebut.

"Penumpang dari Jawa ke Sumatera memang padat, semua kapal penuh sejak tengah malam," katanya.

Menurutnya, setiap tahun saat arus mudik selalu pemudik banyak yang tidak kebagian bus karena jumlah penumpang jauh lebih banyak.

"Harapan saya armada bus ditambah agar tidak terjadi penumpukan setiap arus mudik," katanya lagi.

Andrian (35), pemudik lainnya mengatakan, tidak mendapatkan bus yang akan membawanya ke Terminal Rajabasa meskipun telah lama menunggu di terminal Bakauheni.

"Pemudik langsung berebut saat bus tiba, sementara saya membawa anak dan istri jadi tidak mau berdesak-desakan sehingga terpaksa menunggu lama bus berikutnya baru datang," katanya pula.

Penumpukan pemudik di Pelabuhan Bakauheni terjadi pada pagi dan bus mulai berdatangan siang hari.