Pemkot Bandarlampung bersihkan sampah yang menumpuk di sungai

id Pemkot Bandarlampung Bersihkan Sampah,Bersihkan Sampah di Kali,Antara.lampungnews.com

Pemkot Bandarlampung bersihkan sampah yang menumpuk di sungai

Petugas Kebersihan Kota Bandarlampung sedang membersihkan sampah di Kali Pelita Kecamatan Enggal, Bandarlampung, Senin (9/9/2019).(ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlampung mulai membersihkan tumpukan sampah dari sejumlah sungai ataupun selokan di kota itu.
 
"Ini kita bersihkan karena kemarin kami mendapatkan laporan ada penumpukan sampah di sejumlah kali di Bandarlampung dari masyarakat," kata Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Isemt Saleh, di Bandarlampung, Senin.

Menurut dia, laporan ataupun kerjasama dari masyarakat sangat dibutuhkan oleh pihaknya untuk mengkontrol kota Bandarlampung tetap dalam keadaan bersih karena memang petugas kebersihan kali di DLH terbatas.

"Petugas kebersihan kali di DLH hanya berjumlah 25 orang maka dari itu dalam kebersihan kali di kota ini kami juga meminta bantuan personel dari setiap UPT kebersihan kecamatan," kata dia.

Dia pun mengharapkan seluruh elemen yang berada di Kota Bandarlampung dapat bersinergi agar menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan yang akan berakibat pada penumpukan sampah di kali.

Dia mengatakan hari ini para petugas akan membersihkan dua kali yaitu kali pelita yang berada di Kecamatan Enggal dan Kali Rahma yang berada di Kecamatan Tanjung Karang Timur.

"Saya minta juga masyarakat juga harus disiplin dan memiliki kesadaran dalam membuang sampah, kami yakin bila bekerjasama kota kita akan bersih dari sampah, karena setiap hari kontainer kami selalu mengangkat sampah di TPS ke TPA Bakung," katanya.

Sementara itu Ketua RT 04 Kelurahan Pelita, Kecamatan Enggal, Kota Bandarlampung, Herawati mengatakan bahwa warga di sini cukup mengapresiasi pemkot karena telah membersihkan sampah di kali Pelita yang sudah mengganggu penciuman.

Dia mengatakan bahwa tidak bisa dipungkiri sampah yang menumpuk di kali itu adalah dari warga sekitar yang belum memiliki kesadaran dalam membuang sampah pada tempatnya tapi ada juga limbah kiriman sehingga menjadi penumpukan di kali ini.

"Karena ini sudah bersih kalinya nanti kami akan memberikan himbauan kepada warga agar tidak lagi membuang sampah ke kali," katanya.